UNS — Para dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang merupakan alumni universitas di Jerman dan Austria menyelenggarakan halalbihalal. Halalbihlal dilaksanakan secara luring di ruang sidang 4 Gedung dr. Prakosa UNS, Selasa (8/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ahmad Yunus, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo dan Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS yang juga merupakan Alumnus Humboldt Universitat Zu Berlin, Jerman, Prof. Dr.rer.nat Sajidan.

Ketua Panitia Kegiatan, Dr. Deny Tri Ardianto, MA mengatakan, terdapat 16 dosen UNS yang merupakan alumni dari universitas yang ada di Jerman. Sedangkan dosen UNS yang merupakan alumni dari universitas di Austria sebanyak 7 orang.

“Awalnya saya ngobrol dengan Pak Rektor terkait peran alumni dari universitas di luar negeri. Kemudian Pak Rektor bilang ke saya bagaimana kalau alumni-alumni universitas di luar negeri berkumpul. Kemudian Pak Sajidan juga sangat mendukung dan akhirnya saya ngontak para alumni dalam hal ini Jerman dan Austria karena kebetulan saya alumnus Jerman untuk berkumpul. Teman-teman alumni Jerman dan Austria  senang dan bersedia, sehingga terselenggaralah kegiatan halalbihalal ini,” ujar Dr. Deny yang juga merupakan alumnus Hochschule Fur Bildende Kunste Braunschweig, Jerman.

Sejak tahun 2000-an, sudah banyak kerja sama yang dibangun antara UNS dengan perguruan tinggi di Jerman dan Austria. “Harapan dari forum ini yaitu pertama bisa bersilaturahmi, kemudian setelah saling diskusi dapat melahirkan kerja sama lebih banyak lagi dengan kampus-kampus di Jerman dan Austria,” kata Dr. Deny.

Sementara itu, Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho merasa sangat senang bisa berada di tengah-tengah para alumni Jerman dan Austria.

“Waktu itu saya bilang ke Pak Deny, kamu itukan alumnus Jerman, mbokyo teman-teman kamu dikumpulkan untuk diskusi dan membahas peluang yang bisa dikerjakan untuk UNS. Nah, akhirnya terealisasi dengan kegiatan halalbihalal ini,” ujar Prof. Jamal.

Dari pertemuan ini, semoga menghasilkan kegiatan riset kolaborasi, pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa dan sebagainya. “Bisa dengan melakukan kerja sama riset dengan perguruan tinggi di Jerman dan Austria, lalu dosen kita bisa mengajar di sana atau sebaliknya dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan. Peran para alumni ini sangat penting untuk internasionalisasi UNS,” ujar Prof. Jamal.  

Prof. Jamal berharap, aktivitas-aktivitas ini dapat ditindaklanjuti dan ditingkatkan. “Setelah pertemuan ini, semoga ada semacam pusat kajian. Nanti bisa dikoordinasikan. Dan saat ini UNS sedang membangun Tower sebelas lantai, nanti disana bisa digunakan untuk pusat-pusat kajian. Misal Jerman, Austria, Belanda, Australia, Amerika dan sebagainya. Dan acara alumni Jerman dan Austria ini bisa ditiru alumni-alumni lain untuk menggelar pertemuan seperti ini dan nantinya bekerja bersama-sama untuk kemajuan UNS,” pungkas Prof. Jamal. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

UNS Ajak Alumni Berkontribusi dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

UNS --- Sejak diluncurkan pada tahun 2020, program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) perlahan...

Tim Pengabdian PG-PAUD UNS Dampingi Guru Lakukan PTK

UNS --- Tim pengabdian Dosen Prodi Pendidikan Guru PAUD Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Wujudkan MBKM, FRSD UNS Inisiasi Lompatan Kreatif bersama HIMKI

UNS --- Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tengah...

Dosen UNS Bagikan Tips Membangun Budaya Investasi di Era Digital

UNS --- Kemajuan teknologi di era digital memberikan tantangan yang besar bagi manusia sebagai...

Hebat! Tim Basket UNS Ukir Prestasi pada Ajang PANTASI 2021

UNS --- Rona bahagia menyelimuti tim basket Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret...

Tulis Opini tentang Pembelajaran Daring di Masa Pandemi, Mahasiswa UNS Raih Juara 3

UNS --- Nama Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali berjaya di ajang nasional. Kali ini...

Membanggakan! Mahasiswa FP UNS Raih Penghargaan Verbal Commendation di Ajang International MUN Conference 65.0 UNDP

UNS --- Mas Shafira Azhari, mahasiswi Program Studi (Prodi) Ilmu Teknologi Pangan Fakultas...

Tingkatkan Tridharma di Bidang Kehutanan, UNS Jajaki Kerja Sama dengan Perhutani

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjajaki kerja sama dengan Perusahaan Umum...

Rektor UNS Sampaikan Perguruan Tinggi Miliki Peran Strategis dalam Pembangunan Nasional

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum.,...

UNS Jalin Kerja Sama dengan PT. Evos Esports Indonesia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sepakat untuk menjalin kerja sama dengan PT....