UNS — Para dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang merupakan alumni universitas di Jerman dan Austria menyelenggarakan halalbihalal. Halalbihlal dilaksanakan secara luring di ruang sidang 4 Gedung dr. Prakosa UNS, Selasa (8/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ahmad Yunus, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo dan Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS yang juga merupakan Alumnus Humboldt Universitat Zu Berlin, Jerman, Prof. Dr.rer.nat Sajidan.

Ketua Panitia Kegiatan, Dr. Deny Tri Ardianto, MA mengatakan, terdapat 16 dosen UNS yang merupakan alumni dari universitas yang ada di Jerman. Sedangkan dosen UNS yang merupakan alumni dari universitas di Austria sebanyak 7 orang.

“Awalnya saya ngobrol dengan Pak Rektor terkait peran alumni dari universitas di luar negeri. Kemudian Pak Rektor bilang ke saya bagaimana kalau alumni-alumni universitas di luar negeri berkumpul. Kemudian Pak Sajidan juga sangat mendukung dan akhirnya saya ngontak para alumni dalam hal ini Jerman dan Austria karena kebetulan saya alumnus Jerman untuk berkumpul. Teman-teman alumni Jerman dan Austria  senang dan bersedia, sehingga terselenggaralah kegiatan halalbihalal ini,” ujar Dr. Deny yang juga merupakan alumnus Hochschule Fur Bildende Kunste Braunschweig, Jerman.

Sejak tahun 2000-an, sudah banyak kerja sama yang dibangun antara UNS dengan perguruan tinggi di Jerman dan Austria. “Harapan dari forum ini yaitu pertama bisa bersilaturahmi, kemudian setelah saling diskusi dapat melahirkan kerja sama lebih banyak lagi dengan kampus-kampus di Jerman dan Austria,” kata Dr. Deny.

Sementara itu, Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho merasa sangat senang bisa berada di tengah-tengah para alumni Jerman dan Austria.

“Waktu itu saya bilang ke Pak Deny, kamu itukan alumnus Jerman, mbokyo teman-teman kamu dikumpulkan untuk diskusi dan membahas peluang yang bisa dikerjakan untuk UNS. Nah, akhirnya terealisasi dengan kegiatan halalbihalal ini,” ujar Prof. Jamal.

Dari pertemuan ini, semoga menghasilkan kegiatan riset kolaborasi, pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa dan sebagainya. “Bisa dengan melakukan kerja sama riset dengan perguruan tinggi di Jerman dan Austria, lalu dosen kita bisa mengajar di sana atau sebaliknya dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan. Peran para alumni ini sangat penting untuk internasionalisasi UNS,” ujar Prof. Jamal.  

Prof. Jamal berharap, aktivitas-aktivitas ini dapat ditindaklanjuti dan ditingkatkan. “Setelah pertemuan ini, semoga ada semacam pusat kajian. Nanti bisa dikoordinasikan. Dan saat ini UNS sedang membangun Tower sebelas lantai, nanti disana bisa digunakan untuk pusat-pusat kajian. Misal Jerman, Austria, Belanda, Australia, Amerika dan sebagainya. Dan acara alumni Jerman dan Austria ini bisa ditiru alumni-alumni lain untuk menggelar pertemuan seperti ini dan nantinya bekerja bersama-sama untuk kemajuan UNS,” pungkas Prof. Jamal. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Saran Ahli Gizi RS UNS Soal BTS Meal: Batasi Asupannya dan Tidak Dikonsumsi Berlebihan

UNS --- BTS Meal yang merupakan menu anyar hasil kolaborasi antara salah satu perusahaan makanan...

Analisis Pakar Advertising UNS Terkait Hebohnya Pembelian BTS Meal yang Timbulkan Kerumunan di Berbagai Kota

UNS --- BTS Meal yang merupakan menu kolaborasi antara salah satu perusahaan makanan cepat saji...

Rembug.in #6 Semesta UNS: Yuk, Ketahui Cara Jitu Membangun Branding dan Marketing Startup

UNS --- Talk show Rembug.in yang digelar oleh Innovation Hub (I-Hub) Direktorat Inovasi dan...

Rintis MAKOSTA, Mahasiswa UNS Hadirkan Masker Khusus Anak-anak

UNS --- Sejumlah mahasiswa Administrasi Negara (AN) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)...

Mahasiswa Arsitektur UNS Boyong Dua Gelar Juara di UGM

UNS --- Torehan prestasi di tingkat nasional kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Sebelas...

Pusdemtanas UNS: Pentingnya Perlindungan Hukum bagi Tenaga Medis dalam Penanganan Pasien Covid-19

UNS --- Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan...

Alumni Jerman dan Austria di UNS Gelar Halalbihalal

UNS --- Para dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang merupakan alumni universitas di...

Lagi-lagi Raih Prestasi, Mahasiswa FISIP UNS Sabet Juara Broadcasting Competition 2021 Nuskara EO UNY

UNS --- Mahasiswa asal Program Studi (Prodi) S-1 Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan...

Keren, Mahasiswa UNS Juara 1 Lomba Poster Internasional

UNS --- Kabar gembira datang dari mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret...

Pakar Linguistik UNS Paparkan Studi Kasus Linguistik Forensik dalam Proses Persidangan Pidana

UNS --- Perkembangan cabang ilmu linguistik interdisipliner yang semakin luas mampu memberikan...