UNS— Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta (UNS) berinisiatif menyiapkan langkah-langkah untuk merespon Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 302/E.E2/KR/2020 tanggal 31 Maret 2020. Surat Edaran tersebut terkait masa belajar Penyelenggaraan Program Pendidikan di tengah wabah corona, dengan meluncurkan bantuan pulsa bagi mahasiswa senilai Rp. 50.000 untuk mendukung pembelajaran daring.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengatakan, pemberian bantuan pulsa semula akan diberikan dalam bentuk paket data sebesar 10 GB. “Namun karena adanya variasi paket data antar provider yang tidak sama, sebagai contoh jika pengisian berupa paket data, maka paket data baru yang ditransfer akan menghapus paket data lama yang masih ada di Handphone (HP), Fasilitas atau peruntukkan paket data berbeda untuk setiap jam penggunaan maupun akses ke medsos, dan lain-lain. Akhirnya diputuskan bantuan diberikan dalam bentuk pulsa senilai Rp 50.000,” kata Prof. Jamal, Senin (13/4/2020)

Adapun dasar perhitungan yang digunakan UNS dalam menetapkan bantuan pulsa senilai Rp.50.000 agar bisa mendapatkan paket data 10 GB dengan menggunakan rujukan antara lain Telkomsel, melalui menu my Telkomsel ada pilihan Paket Ketengan dan klik opsi ke-4 yaitu kuota utama. Harganya per hari Rp 2.000 mendapat 0.5 GB. Maka kalau dipakai selama 25 hari kerja, pulsa Rp. 50.000 bisa mendapatkan 12.5 GB. Ini sudah lebih dari yang dijanjikan yaitu 10 GB. Kedua Indosat, ada pilihan Paket Freedom Internet 10 GB senilai Rp. 50.000,- berlaku selama 30 hari.

Prof. Jamal menambahkan, untuk urutan proses/tahapan pemberian bantuan pulsa senilai Rp. 50.000,- adalah sebagai berikut. Yaitu mahasiswa memverifikasi atau melakukan pemutakhiran data no HP yang sudah tertera di laman siakad.uns.ac.id. Terkumpul 24.554 nomor HP mahasiswa dari 6 operator. Lalu nomor HP akan dikirimi pulsa senilai Rp.50.000 oleh masing-masing provider dan mahasiswa yang menerima pulsa tersebut dapat membelanjakan sesuai dengan paket data yang ditawarkan oleh provider.

Untuk Telkomsel, dimulai sejak tanggal 6 sampai 10 April 2020 telah berhasil dikirim ke 10.462 pengguna. Terdapat 238 nomor Hp yang gagal transfer pulsa, dikarenakan nomor yang digunakan oleh mahasiswa adalah nomor Post Paid dan ada beberapa nomor Hp sudah expired. “Terhadap nomor-nomor tersebut sedang kami lacak, untuk kemudian akan kami cari solusinya,” imbuhnya.

Kemudian Smartfren, dimulai sejak tanggal 6 sampai dengan 8 April 2020 telah berhasil dikirim ke 1.360 pengguna. Ada 2 yang gagal transfer pulsa dikarenakan nomor Hp sudah expired. Lalu Indosat, pada tanggal 13 April 2020 pukul 12.09 telah dikirim ke 6.024 pengguna. Terdapat 32 nomor Hp yang gagal transfer pulsa dikarenakan nomor Hp sudah expired. Serta Axis, XL dan Three sampai hari ini masih dilakukan pengisian pulsa.

“Prinsip dasar yang dijunjung tinggi UNS dalam menetapkan kebijakan pemberian bantuan pulsa tersebut adalah akuntabel dan efisien,” pungkasnya.Humas UNS/Dwi

Suka dengan artikel ini?

Segera Buka Kampus Baru di Jakarta, inilah Prodi yang Dipersiapkan UNS

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terus memperluas jaringan kampus cabangnya di...

Bangun Personal Branding di Era Digital, Himasos FISIP UNS Gelar Webinar Nasional

UNS --- Kemampuan menulis yang diikuti dengan kemampuan mendesain menjadi bekal yang menguntungkan...

UNS Berangkatkan Satgas Bencana Semeru, ini Misi yang Dibawa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberangkatkan Satuan Tugas (Satgas) Bencana...

Sah, Dirut PT. Hutama Karya Kembali Terpilih sebagai Ketum IKA UNS

UNS --- Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. kembali terpilih sebagai...

Buka Munas V IKA UNS, Rektor UNS: Banggalah jadi Alumni UNS

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Jamal Wiwoho membuka...

Beri Kuliah Umum di FH UNS, Hakim MK: Jangan Pernah Perjualbelikan Hukum

UNS --- Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) RI Prof. Arief Hidayat mewanti-wanti mahasiswa Fakultas...

Kepala Desa Tawangsari, Karanganyar Raih Piala Bergilir MK dalam Lomba Pidato Konstitusi Lurah di UNS

UNS --- Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya di Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya Resmi Ditutup

UNS --- Gelaran Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya yang diinisiasi oleh...

Bahas Kebijakan Fiskal dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, FEB UNS Gelar Webinar

UNS --- Fakultasi Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...

Tim PHP2D FEB UNS dan PKK Desa Gondosuli, Tawangmangu Kreasikan Wortel Jadi Aneka Makanan

UNS --- Wortel merupakan salah satu potensi alam yang dimiliki oleh Desa Gondosuli, Kecamatan...