Empat Program Studi UNS Divisitasi Asesor Sertifikasi AUN QA

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima Tim Asesor ASEAN University Network Quality Assurance (AUN QA) pada Selasa (8/5/2018). Penerimaan tim asesor tersebut dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Sutarno, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Darsono, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Widodo Muktiyo serta para dekanat dan Tim Self Assesment Report (SAR).

Tim Asesor AUN QA melakukan visitasi ke empat program studi selama tiga hari, mulai tanggal 8 – 10/5/2018. Empat program studi tersebut adalah program studi Manajemen, Biologi, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil. Para asesor yang melakukan assessment atau penilaian antara lain Prof. Dr. Myrna S. Austria (De La Salle University), Prof. Dr. Marilou G. Nicolas (University of the Philippines), Prof. Dr. Clarita Carillo (University of Santo Tomas), Prof. Dr. Raymund Sison (De La Salle University), Assoc. Prof. Dr. Vongdeuan OSAY (National University of Laos ), Assoc, Prof. Dr. Pham Van Tuan (The University of Danang), Dr. Amelia P. Guevara (University of the Philippines) dan Assoc. Prof. Dr. Le Quang Minh (Vietnam National University).

Penilaian di setiap program studi dilakukan oleh 2 orang asesor. Pada hari pertama, kedelapan asesor ber-audiensi dengan pimpinan fakultas. Selanjutnya, secara berturut-turut audiensi dilakukan terhadap tenaga pendidik, staf dan mahasiswa UNS. Sementara di hari kedua visitasi, tim asesor mewawancarai alumni dan para pengguna alumni. Setelah itu, dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa fasilitas di fakultas. Rektor UNS, Ravik Karsidi dalam closing meeting hari Kamis (10/5/2018) menjelaskan tim asesor memberikan apresiasi kepada empat program studi yang telah divisitasi. Mereka memaparkan keunggulan serta saran perbaikan untuk masing-masing program studi.

“UNS akan segera mendapatkan sertifikasi AUN QA. Ini adalah langkah pertama pengakuan internasional dari sebuah lembaga sertifikasi di tingkat ASEAN kepada empat prodi di UNS sehingga setara dengan beberapa prodi di perguruan tinggi lainnya yang maju ditingkat ASEAN,” papar Rektor UNS.

Tim Asesor AUN QA dan Jajaran Rektor Berfoto Bersama

Tim Asesor AUN QA foto bersama rektor UNS, Ravik Karsidi

Diakhir acara, Ravik juga mengucapkan selamat kepada empat program studi yang telah menjalankan serangkaian aktivitas dalam rangka visitasi AUN QA, terutama kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai koordinator penerimaan tim asesor AUN QA. Program Studi Hukum, Ekonomi Pembangunan, Agribisnis, dan Pendidikan Luar Biasa sedang dipersiapkan untuk sertifikasi AUN QA. Dengan adanya penilaian meraih sertifikasi internasional ini, diharapkan Universitas Sebelas Maret semakin cepat untuk mencapai visinya menjadi World Class University di tahun 2027. humas-red.uns /Irf/Isn

By | 2018-06-01T08:11:34+00:00 22 May 2018|Categories: Berita Terkini|