FK UNS Lantik 129 Mahasiswa Baru Program Pendidikan Dokter Spesialis Periode 1 Tahun Akademik 2023/2024

FK UNS Lantik 129 Mahasiswa Baru Program Pendidikan Dokter Spesialis Periode 1 Tahun Akademik 2023/2024

UNS — Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melantik mahasiswa baru Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Periode 1 Tahun Akademik 2023/2024. Mahasiswa baru ini merupakan hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS yang serangkaian proses pendaftaran dan seleksinya dimulai pada bulan Maret tahun 2023 dan telah memenuhi persyaratan serta telah melakukan registrasi ulang.

Sejumlah 129 mahasiswa baru PPDS yang mengenakan jas almamater berwarna biru ini nampak antusias dalam mengikuti acara pelantikan yang dihadiri oleh Plt. Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T., jajaran Dekanat FK UNS serta Kepala Program Studi PPDS FK UNS bertempat di Auditorium FK UNS, Senin (24/7/2023).

Kepala UPT SPMB UNS, Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si. dalam kesempatan ini menjelaskan secara singkat tentang proses seleksi penerimaan mahasiswa baru PPDS FK UNS.

“Proses seleksi ini dibagi menjadi dua tahap, seleksi tahap satu dilakukan dengan cara melakukan ujian online dengan materi TPA dan Bahasa Inggris. Pada ujian tahap satu jumlah pendaftar adalah 330 orang, dari jumlah tersebut yang lulus ujian tahap 1 dan berhak untuk mengikuti ujian tahap 2 adalah 302 peserta atau kisaran 91,52%,” ujar Prof. Hadiwiyono.

Lebih lanjut Prof. Hadiwiyono menyampaikan ujian tahap kedua meliputi tes wawancara program studi, tes bidang keilmuan, psikotes, portofolio, tes kesehatan fisik atau Medical Check Up (MCU) serta wawancara oleh pimpinan universitas dan rumah sakit. Dari ujian tahap 2 tersebut sebanyak 129 peserta dinyatakan lulus dan berhak untuk menjadi mahasiswa baru PPDS FK UNS.

Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. dalam sambutannya menyampaikan jika mahasiswa PPDS yang baru dilantik ini adalah orang-orang pilihan hasil dari seleksi yang ketat. “Anda semua adalah orang-orang pilihan, jika kita lihat dari jumlah pendaftar sebanyak 330 orang, melalui berbagai ujian seleksi yang ketat terpilihlah anda semua yang hadir disini,” imbuh Prof. Kuncoro.

Beliau juga menitipkan mahasiswa-mahasiswa PPDS ini kepada jajaran Dekanat serta para Kaprodi PPDS FK UNS. “Kami menitipkan pesan agar selalu memperbaiki proses-proses pendidikan baik di universitas maupun di rumah sakit,” imbuh Prof. Kuncoro.

Mahasiswa baru PPDS ini nantinya akan menjalani kegiatan Pra Pendidikan yang dilaksanakan di FK UNS dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moewardi Surakarta sebelum memulai masa pendidikan yang sebagian besar akan dijalani di RSUD dr. Moewardi Surakarta. HUMAS UNS

Skip to content