FK UNS Melepas 5 Dokter Spesialis Baru Periode April 2024

FK UNS Melepas 5 Dokter Spesialis Baru Periode April 2024

UNS — Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) kembali melepas dokter spesialis baru yang telah lulus pendidikan di FK UNS. Acara yang dilaksanakan di Auditorium FK UNS ini dihadiri oleh Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K); para wakil dekan FK UNS; Wakil Direktur SDM dan Pendidikan Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta, dr. Veronica Dwi Winahyu; Ketua Keluarga Alumni FK UNS, dr. Sri Pratomo, Sp.B, FinaCS, FICS; Perwakilan dari Rumah Sakit UNS, Tonang Dwi Ardyanto, dr., Sp.PK(K)., Ph.D., FISQUA; serta segenap Kepala Program Studi PPDS FK UNS pada Kamis (25/4/2024).

Pada pelepasan dokter spesialis periode April ini, FK UNS melepas 5 dokter spesialis baru. Berdasarkan laporan akademik yang dibacakan oleh Plt. Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FK UNS, dr. Paramasari Dirgahayu, Ph.D., 5 orang peserta pelepasan terdiri dari 4 orang dari Program Studi PPDS Ilmu Bedah dan 1 orang dari Program Studi PPDS Patologi Klinik.

Dalam pelepasan kali ini Jethro Eka Gunarsa, dr., Sp. P.K. dari Program Studi PPDS Patologi Klinik menjadi lulusan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi. Yaitu meraih gelar Cumlaude (dengan pujian) sekaligus sebagai lulusan termuda dengan IPK 3.84, masa studi 3 tahun 2 bulan serta usia pada saat lulus adalah 30 tahun.

Perwakilan lulusan dokter spesialis, Satrio Sarwo Trengginas, dr., Sp.B. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para dosen dan sivitas akademika FK UNS yang selama ini memberikan fasilitas, ilmu serta pengetahuan dalam proses pendidikan.

“Kami juga mohon doa serta bimbingan dari para guru, dosen, dokter senior sekalian agar nantinya kami kembali ke masyarakat bisa mengamalkan pengetahuan serta ilmu yang kami dapat kepada masyarakat,” terang Satrio.

Wakil Direktur SDM dan Pendidikan Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta, dr. Veronica Dwi Winahyu mengucapkan selamat atas kelulusan dokter dan berpesan agar dokter spesialis baru ini selalu menjaga etika dan sikap profesional dalam menjalani tugas profesinya.

“Sekarang ini bukan lagi jamannya pasien membutuhkan dokter, namun dokter yang membutuhkan pasien. Kalau seorang dokter tidak bagus terutama dalam hal komunikasi, attitude-nya juga tidak bagus maka kita akan ditinggalkan karena pasien akan lebih memilih dokter-dokter yang mempunyai attitude yang lebih baik,” ujar dr. Veronica.

Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) dalam sambutannya menyampaikan bahwa para dokter spesialis yang telah dididik di FK UNS adalah dokter-dokter dengan kualitas mumpuni yang siap untuk terjun langsung ke masyarakat.

“Sekarang tantangannya akan berbeda dengan pada saat saya dulu awal-awal menjadi dokter spesialis, namun tidak apa-apa karena kita pasti akan menghadapi tantangan pada masanya sendiri-sendiri,” tutur Prof. Reviono.

Menurutnya, sebagai alumni dari FK UNS maka para dokter spesialis baru ini dinilai sudah siap menghadapi berbagai perubahan tersebut karena selama ini sudah dididik dengan berbagai pengetahuan oleh dosen-dosen yang berkompeten dan berkualitas.

“Kami telah mendidik dengan menyiapkan para dosen, para konsulen yang berkompetensi di bidangnya masing-masing dan juga kami bersama Rumah Sakit Dr. Moewardi telah memberikan berbagai fasilitas pendidikan yang mendukung proses pendidikan para dokter spesialis ini,” terangnya.

Dengan pelepasan dokter spesialis periode April ini maka FK UNS sejak berdirinya tahun 1976, telah meluluskan 1.860 orang dokter spesialis, yang sudah tersebar di seluruh tanah air dan telah mengabdikan ilmunya pada berbagai instansi baik di bidang pelayanan kesehatan, pendidikan, penelitian, serta sebagai dokter spesialis pemerintah, swasta, TNI/POLRI maupun lainnya. Humas UNS

Skip to content