Grup Riset Kearifan Lokal FEB UNS Gelar Webinar Bahas Interpretative Phenomenological Analysis dalam Penelitian Bisnis

by | Des 1, 2022 19:54 | Berita Terkini

UNS — Grup Riset Kearifan Lokal Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menggelar Seri Webinar Kearifan Lokal. Webinar kali ini mengusung tema Interpretative Phenomenological Analysis dalam Penelitian Bisnis. Acara diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Rabu (30/11/2022).

Kegiatan webinar dibuka dengan sambutan oleh Ketua Grup Riset Kearifan Lokal FEB UNS, Dr. Joko Suyono yang menyampaikan bahwa seri webinar ini merupakan agenda yang dilakukan secara periodik.

“Kali ini topik yang dibawakan sangat menarik. Saya berharap semoga materi yang akan disampaikan oleh narasumber dapat bermanfaat. Serta ucapkan pula selamat menikmati webinar hari ini,” tutur Dr. Joko Suyono.

Peneliti Grup Riset Kearifan Lokal FEB UNS, Sarwoto, S.E., M.Sc., Ph.D. yang juga sebagai pembicara pada seri webinar tersebut memaparkan materi tentang Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) dalam  Penelitian Bisnis.

“Sebagaimana yang dikutip dari Smith et al., pada tahun 2009, IPA merupakan pendekatan penelitian kualitatif yang berkomitmen untuk memeriksa bagaimana orang memahami pengalaman hidup utama mereka. Kata kuncinya yakni mengeksplorasi pengalaman,” ujar Sarwoto.

Adapun tahapan IPA sendiri meliputi, Reading & Re-reading, Initial Noting, Developing Emergent Themes, Searching for connections across emergent themes, Moving the next case, dan Looking for patterns across cases.

“Pada tahapan Reading & Re-reading dilakukan membaca berulang-ulang dari transkripsi yang diperoleh. Kemudian pada tahapan Initial Noting berupa memeriksa makna kata yang terkandung dalam Bahasa yang digunakan pada tahap eksploratoris. Data yang asli dari transkrip diberikan komentar-komentar dengan menggunakan ilustrasi komentar eksploratori. Komentar eksploratori dilaksanakan untuk memperoleh intisari. Komentar eksploratori meliputi komentar deskriptif, komentar bahasa, dan komentar konseptual yang dilakukan secara simultan,” terang Sarwoto.

Selanjutnya tahapan Developing Emergent Themes yakni mengembangkan tema-tema yang muncul. Kemudian pada tahapan Searching for connections across emergent themes yakni mencari hubungan yang sama antar tema.

Sarwoto menambahkan bahwa tahapan selanjutnya yakni Moving the next case berupa tahap analisis 1-4 dilakukan pada setiap satu kasus atau partisipan. Jika satu kasus selesai dan dituliskan hasil analisisnya, maka tahap selanjutnya berpindah pada kasus atau partisipan berikutnya hingga selesai semua kasus. Langkah ini dilakukan pada semua transkrip partisipan, dengan cara mengulang proses yang sama.

“Serta tahap yang terakhir yakni Looking for patterns across case. Tahapan ini mencari pola-pola yang muncul antar kasus atau partisipan. Apakah hubungan yang terjadi antar kasus, dan bagaimana tema-tema yang ditemukan dalam kasus-kasus yang lain memandu peneliti melakukan penggambaran dan pelabelan kembali pada tema-tema. Pada tahap ini dibuat master table dari tema-tema untuk satu kasus atau kelompok kasus dalam sebuah institusi atau organisasi,” jelas Sarwoto. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Redaktur: Dwi Hastuti

Viral di Tiktok, Aksi Bersih-Bersih Sampah oleh Mahasiswa UNS Tuai Pujian Warganet

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam beasiswa Rumah...

Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Bersama PPII Jateng Selenggarakan Webinar Nasional

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan...

Peringati Hari Gizi Nasional, Rumah Sakit UNS Gelar Talkshow Bahas Stunting

UNS --- Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ialah dengan...

LPM Novum FH UNS Gelar Webinar Bahas Dekadensi Regulasi Perlindungan Anak

UNS – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Novum Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Bagaimana Keikutsertaan Masyarakat dalam Mewujudkan Siaran Berkualitas? Berikut Tanggapan Pakar Hukum UNS

UNS --- Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi semakin berkembang cepat terlebih di era...

FK UNS Jalin Kerja Sama dengan LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah

UNS --- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama...

Koordinasi Kemitraan antara UNS dan SEA Today Bahas Beberapa Kesepakatan

UNS --- Rapat bersama antara Pusat Unggulan Iptek (PUI) Perguruan Tinggi (PT) Center of Fintech...

Prodi S-3 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Luluskan Doktor Baru

UNS — Program Studi (Prodi) S-3 Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)...

Tergabung dalam Dhaharan.id, Mahasiswa UNS Gelar Bakti Sosial di Dua Tempat

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar bakti sosial di...

FEB UNS Jalin Kerja Sama Pengabdian dengan BNI Hong  Kong

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama...