UNS — Dalam dunia karir profesional saat ini, kita dihadapkan dengan persaingan yang ketat karena semakin banyaknya para pencari kerja. Dengan demikian, diperlukan upaya lebih untuk mempersiapkan dan menghadapinya. Melihat hal itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar webinar bertema How to Build Career Plan as Accounting Student. Acara diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Sabtu (14/5/2022).

Kegiatan webinar dibuka dengan sambutan Ketua HMJA FEB UNS, Ignasius Marcel Aryayudha. Ia berharap melalui acara ini dan dari narasumber yang dihadirkan semoga dapat memenuhi kekosongan informasi mengenai dunia karir khususnya karir sebagai akuntan.

“Semoga dari apa yang dipaparkan narasumber dapat memenuhi keinginan kita untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan seorang lulusan akuntansi sebagai proses mengembangkan karir ke depan,” kata Ignasius.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dosen FEB UNS, Ibrahim Fatwa Wijaya, SE, M.Sc, Ph.D. Ibrahim membawakan materi mengenai How to build career plan as an accounting student. Dengan harapan materi ini dapat menumbuhkan kesadaran mahasiswa sebagai calon akuntan, teknisi, maupun regulator di masa depan untuk menyadari pentingnya perencanaan karir.

“Pada tahun 2036 sebagai akuntan tak hanya membantu para user untuk membuat keputusan. Karena di masa depan prospeknya akan menjadi sangat luas. Tak hanya membuat user lain merasa puas namun bagaimana bisa menciptakan membantu masyarakat untuk sejahtera,” ucap Ibrahim.

Ibrahim mengungkapkan dalam perencanaan karir sangat penting untuk mengembangkan baik hard skill maupun soft skill. Namun, juga tak boleh melupakan profesional attitude dalam dunia kerja.

Selanjutnya narasumber kedua yang seorang Supply Chain Johnson & Johnson, Belinda Azzahra Irwan Putri memaparkan materi tentang The Future of Accounting.

HMJA FEB UNS Gelar Webinar Bahas Persiapan Karir sebagai Mahasiswa Akuntansi

“Kita harus punya perencanaan karir yang matang. Cara membuat perencanaan karir yang matang dengan mengetahui end goals kita mau apa. Calon akuntan penting untuk merencanakan karir akuntansinya di masa depan secara well prepared, berkarir pada pekerjaan yang ada value-added yang mana membutuhkan persiapan dan pelatihan yang tidak sebentar,” terang Belinda.

Belinda menambahkan bahwa hard skill yang harus dimiliki sebagai calon akuntan adalah accounting skills, business acumen, global knowledge atau awareness. Adapun soft skill yang harus dipunyai diantaranya communication and presentation, network and engagement, critical thinking, dan design thinking.

“Untuk bisa mendapatkan hard skill dan soft skill tersebut kita bisa mendapatkannya melalui magang parttime, professional journey, program kepemimpinan, project, beasiswa, organisasi, maupun kepanitiaan,” lanjut Belinda.

HMJA FEB UNS Gelar Webinar Bahas Persiapan Karir sebagai Mahasiswa Akuntansi

Ia juga mengatakan bahwa ketika memasuki dunia kerja pasti ada tantangannya. Begitupula dengan setiap karir pasti memiliki sisi tidak enaknya. Namun untuk mengatasinya bisa dengan berkomunikasi intens, detail dan terarah dengan atasan atau supervisor. Kemudian mendorong diri untuk terbuka, merajut kerja sama tim yang baik dan solid. Serta memiliki side hustle di luar pekerjaan yang dapat meringankan beban di pikiran dan tenaga.

“Sementara tips pengembangan karir untuk membantu lulusan akuntansi dapat bersaing di dalam dunia kerja yang pertama selalu up to date dengan tren global. Kedua memilki sikap resiliensi dan mental yang kuat karena dalam dunia kerja semua bergerak secara dinamis. Ups and downs akan sangat berbeda dengan kuliah. Kita harus memiliki resiliensi dan mental yang kuat untuk bertahan,” tutup Belinda. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Unit Kemahasiswaan FKIP UNS Gelar Lokakarya Kewirausahaan

UNS --- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dosen FKIP UNS Dampingi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM untuk Guru IPA Kabupaten Karanganyar

UNS --- Dosen Program Studi (Prodi) S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan...

Cerita Qanita, Mahasiswi FP UNS yang Memilih Terjun Dunia Balap Rally

UNS --- Dunia balap, biasanya identik dengan laki-laki. Namun, siapa sangka bahwa Mahasiswi...

Membanggakan! Mahasiswi UNS Torehkan Prestasi pada Ajang Balap Rally

UNS --- Prestasi membanggakan dalam ajang balap rally berhasil ditorehkan oleh mahasiswi...

Seminar Nasional Prodi S-3 PBI FKIP UNS Bahas Pembelajaran Bahasa Pascapandemi

UNS --- Program Studi (Prodi) doktoral (S-3) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Keguruan...

UNS Raih 2 Penghargaan IKU dari Kemendikbudristek

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih dua penghargaan sekaligus dari...

Kuliah Pakar Prodi Magister dan Doktor PPPM UNS Hadirkan Pemateri dari IBA Karachi, Pakistan

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister dan Doktor Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat...

Teknik Sipil UNS Raih Akreditasi Unggul oleh LAM Teknik

UNS --- Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

DWP UNS Gelar Khitanan Massal Diikuti 110 Peserta

UNS --- Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta,...

Peresmian Renovasi Gedung TK Widya Putra DWP UNS Dibarengi Pelepasan Peserta Didik

UNS --- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...