Berita Terkini

Jadi Tuan Rumah ISS 2019, UNS Ajak Mahasiswa Internasional Berperan dalam SDG

By 4 November 2019 No Comments

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ditunjuk oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk menjadi tuan rumah perhelatan International Student Summit (ISS) 2019. Pada tahun ini, ISS yang akan digelar mulai dari tanggal 1-3 November 2019 tersebut mengangkat tema “Act for a Better Future.” Dengan diangkatnya tema tersebut, ISS 2019 mengajak agar mahasiswa internasional yang hadir untuk mengambil peran dalam mewujudkan Sustainable Development Goal (SDG).

“Pada tahun ini, kami ingin agar mahasiswa internasional mau berperan aktif dalam isu–isu penting dalam SDG lewat berbagai kegiatan yang sudah kami sediakan. Kami harapkan itu dapat berguna dan menampung minat bakat mahasiswa-mahasiswi yang hadir,” ujar Yudi Sastroredjo yang merupakan Program Director International Student Summit (ISS) 2019.

Sebagai tuan rumah, UNS melalui ISS telah mempersiapkan berbagai kegiatan yang nantinya akan diikuti oleh mahasiswa internasional beserta mahasiswa dari 33 perguruan tinggi se- Indonesia. Seperti seminar sociopreneur, lomba vlog dengan tema “Your small act for a Better Future”, lomba mendongeng berbahasa Indonesia, lomba karaoke lagu populer berbahasa daerah, lomba cerdas cermat bertema ke-Indonesia-an, workshop membatik, workshop packaging dengan daun pisang dan gathering.

Sementara itu, Kepala UPT Layanan Internasional UNS, Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D menambahkan bahwa dipilihnya UNS dan Kota Surakarta menjadi tuan rumah perhelatan ISS tidak lain karena kearifan lokal dan kebudayaan yang dimiliki oleh Kota Surakarta sangat kental dan diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa internasional yang hadir mengenai eksistensi kebudayaan Indonesia.

“Dengan memanfaatkan kebudayaan dan kearifan lokal terutama Solo, para mahasiswa internasional yang sedang menempuh studi di Indonesia diharapkan mampu memahami eksistensi serta peran besar kebudayaan daerah di Indonesia sebagai penyokong terwujudnya pembangunan berkelanjutan untuk masa depan Indonesia dan dunia,” ujar Irwan.

Selain itu, diakhir penyelenggaraan ISS 2019, delegasi mahasiswa internasional beserta mahasiswa dari 33 perguruan tinggi se-Indonesia akan diajak pula untuk mengunjungi situs manusia purba Sangiran serta berbelanja batik di Pusat Grosir Solo (PGS) dan Beteng Trade Center (BTC). Humas UNS

Leave a Reply