Berita Terkini

Kendalikan Diabetes dengan Gerak dan Piring Sehat

By 3 September 2018 September 6th, 2018 No Comments
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

UNS – Diabetes Mellitus (DM) atau secara awam disebut penyakit gula bisa dikendalikan salah satunya dengan banyak gerak. Hal ini disampaikan oleh Pakar Ilmu Kedokteran Olahraga, Prof.Dr. Muchsin Doewes, dr.,SU,AIFO,MARS pada acara Seminar Nasional Farmasi di Hotel Sahid Jaya Solo, Sabtu (1/9/2018) yang diselenggarakan oleh Program Studi (Prodi) Farmasi Fakultas MIPA UNS.

Sebagaimana diketahui DM merupakan penyakit yang saat ini banyak diidap oleh masyarakat. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab DM diantaranya adalah pola makan, dan juga pola gerak disamping juga faktor genetis.
Dihadapan sekitar 350 peserta yang memadati Pedan Ballroom Hotel Sahid Jaya lebih lanjut Muchsin mengatakan bahwa pola makan dan pola olahraga sangat penting dalam mengendalikan kadar gula dalam tubuh.

“Meski sudah usia lanjut, namun pola gerak harus tetap dijaga misal dengan jalan, renang dan olah raga ringan lainnya seperti bersepeda,” kata Muchsin.

Senada dengan Muchsin, dr. Hemi Sinorita, S.PD (K) dari RSP dr. Sardjito Yoyakarta juga menyoroti tentang pola makan dan olahraga. Untuk pola makan, Hemi mempunyai resep berupa piring sehat. Piring sehat adalah pola makan dimana satu piring lebih banyak sayur dan lauknya dari pada nasi.

Lebih lanjut Hemi mengatakan bahwa untuk mengobati DM dimulai dari modifikasi gaya hidup, baru kemudian pemberian obat.

“Sangat bijaksana nasehat orangtua dahulu, bahwa tidak boleh tidur setelah makan. Karena dengan tidur setelah makan, kalori yang ada tidak digunakan, sehingga bisa menimbulkan penyakit DM,” ujar Hemi.

Keduanya sepakat bahwa DM bisa dikendalikan dengan pola makan dan pola gerak yaitu dengan mengatur menu makanan dan juga olah raga. Bahkan sebagai ibu rumah tangga dengan kegiatan di rumah semisal mencuci, menyapu, memasak sudah bisa dijadikan sebagai sarana untuk gerak atau olahraga. Humas UNS

Leave a Reply