UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan penghargaan Adikarya Anugraha Dharma Krida Budhaya kepada University of Leiden, Nancy K. Florida dari University of Michigan USA, dan Prof. Dr. George Quinn dari Australian National University.

Rektor UNS memberikan penghargaan kepada George Quinn

Penghargaan budaya ini disampaikan dalam rangkaian acara UNS’s 1st International Awards Summit on Javanese Culture (IASJC), Sabtu (28/10/2017). Kepala Pusat Studi Javanologi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS, Sahid Teguh Widodo, menyampaikan bahwa Nancy dan Quinn mendapatkan penghargaan life achievement atau penghargaan sepanjang hayat. “Mereka berdua memiliki dedikasi dalam mengkaji, mengembangkan, dan melestarian budaya Jawa dalam berbagai bentuk dan aktivitas di luar negeri,” jelas Sahid.

Pemberian penghargaan dari UNS kepada Nancy, yang diwakilkan oleh muridnya yaitu Emma Nolan

Acara pemberian anugerah budaya ini dihadiri oleh Direktur Jendral (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hilmar Farid. Hilmar menyampaikan bahwa IASJC 2017 sangat relevan dengan Undang-Undang Kebudayaan No. 5/2017 tentang perlindungan dan pengembangan kebudayaan. Hilmar melihat selama berlangsungnya summit, para ahli berkumpul membicarakan metodologi dan hal terkait kebudayaan Jawa, sehingga menghasilkan sinergi yang diharapan dari sebuah perguruan tinggi.

Rektor UNS Ravik Karsidi juga menyampaikan bahwa penghargaan Adikarya Anugraha Dharma Krida Budhaya akan terus diberikan setiap tahunnya kepada universitas yang masih peduli terhadap kebudayaan Jawa. humas-red.uns/Can/Eln