Berita Terkini

Mahasiswa Antusias Hadiri Diskusi Bersama Rektor UNS

By 8 May 2019 No Comments

UNS – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta diperingati dengan cara yang berbeda oleh mahasiswa/ mahasiswi UNS. Dalam momentum Hardiknas tahun ini, Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho, mengadakan forum bersama mahasiswa/ mahasiswi UNS bertempat di Ruang Sidang 1 Gedung Rektorat dr. Prakosa, Kamis (2/4/2019) malam.

Pada diskusi bersama mahasiswa/ mahasiswi UNS, Jamal didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof Kuncoro Diharjo, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Rohman Agus Pratomo, Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Lukman Hakim, Wakil Dekan III Fakuktas Ilmu Budaya (FIB), Supardjo, Staf Ahli Rektor Bidang Akademik, Dr  Drajat Tri Kartono, serta Staf Ahli Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Pengembangan Usaha, DrSutanto.

Sedangkan dari perwakilan mahasiswa dihadiri oleh Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS, Faith Aqila Silmi, perwakilan BEM dari beberapa fakultas, serta perwakilan organisasi kemahasiswaan (Ormawa).

Jalannya forum bersama dibuka langsung oleh Prof Jamal Wiwoho dengan memperkenalkan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang baru, yaitu Prof Kuncoro.

Selain memperkenalkan wakil rektor yang baru, Jamal juga memaparkan sejumlah rencana program UNS dalam jangka waktu satu tahun ke depan. Pemaparan program meliputi konsep pembangunan UNS dalam bidang kemahasiswaan dan akademik.

“Sebagai rektor baru, saya memiliki niat untuk membuka ruang-ruang komunikasi yang lebih baik dan intens kepada mahasiswa/ mahasiswi UNS selama masa kepemimpinan ini,” ujar Jamal.

Jamal juga menegaskan bahwa rencana UNS untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) sudah bulat. Hal tersebut ditegaskannya sebab kepercayaan pemerintah untuk menjadikan UNS sebagai PTN-BH merupakan cara yang tepat untuk membawa UNS menjadi perguruan tinggi negeri yang lebih dewasa serta agar mendorong UNS untuk mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain di tingkat international.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Kuncoro menambahkan bahwa keterlibatan mahasiswa/ mahasiswi UNS dalam kompetisi dibidang penalaran dan keilmiahan perlu digenjot. Hal tersebut dimaksudkan agar dalam proses pemeringkatan, prestasi mahasiswa/ mahasiswi dapat terekognisi atau mendapat pengakuan.

Senada dengan Kuncoro, Staf Ahli Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Pengembangan Usaha, Dr Sutanto juga mendorong ditingkatkannya riset-riset kolaboratif antara mahasiswa dengan dosen. Dengan meningkatnya riset kolaboratif tersebut, Sutanto, mengharapkan riset tersebut akan membantu mahasiswi/ mahasiswi dalam penulisan jurnal, baik ditingkat nasional maupun internasional. Humas UNS/ Yefta

Leave a Reply