Mahasiswa SV UNS Raih Juara 1 Lomba Documentary Feature Video OLIVIA 2023

Mahasiswa SV UNS Raih Juara 1 Lomba Documentary Feature Video OLIVIA 2023

UNS — Lima mahasiswa Program Studi (Prodi) D-3 Komunikasi Terapan Sekolah Vokasi (SV). Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta angkatan tahun 2021 meraih Juara 1 Lomba Documentary Feature Video pada Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) 2023. Mereka adalah Prabanasta Zalevi Nuraini, Salfia Andriyani, Wahyu Lusi Lestari, Yhuana Fhara Angreani dan Burhanudin Muhammad Ikhwan.

Ketua Tim, Prabanasta Zalevi Nuraini mengatakan, OLIVIA merupakan kompetisi rutin yang diselenggarakan secara berkala dan diikuti oleh seluruh perguruan tinggi vokasi di Indonesia. Perlombaan ini merupakan bagian dari agenda tahunan Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI). Pada tahun ini, UNS berperan sebagai tuan rumah OLIVIA pada 24-25 November 2023 kemarin yang dilaksanakan secara hybrid dengan mengusung tema “Pendidikan Vokasi dan Penguasaan Artificial Intelligence untuk Mendukung Ketahanan Pangan dan Energi”.

Pada lomba Documentary Feature Video ini, mereka mengambil judul “Smart Farming: Estafet Regenerasi Petani”. Judul tersebut sesuai dengan isu yang ada di Indonesia bahwa regenerasi petani menjadi problem kusut yang belum terurai. Fahid Nurarosyid, pemuda 24 tahun yang tinggal di Dusun Bulurejo, Siraman, Wonosari, Gunung Kidul menjadi narasumber pada dokumenter ini. Menampilkan kelihaian Fahid dalam bertani menggunakan teknologi dan menjadi role model petani muda yang sukses di bidangnya.

“Harapan saya dengan adanya video dokumenter ini, mampu menggambarkan realitas petani muda yang memanfaatkan teknologi, hingga berkelanjutan di masa depan. Sehingga, dengan adanya teknologi smart farming dan sistem IoT dapat membantu mengubah stigma bahwa profesi petani seharusnya tidak dianggap ketinggalan zaman,” terang Prabanasta. HUMAS UNS

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content