Search
Close this search box.

Mahasiswa UNS jadi Pemenang 1 Duta Bahasa Jawa Tengah 2024

UNS – Olivia Firdaus, mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil mengharumkan nama UNS dengan menjadi Pemenang 1 Putri dalam Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2024. Olivia terpilih menjadi Duta Bahasa Jawa Tengah 2024 saat gelaran Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah di Candi Borobudur, Sabtu (25/5/2024).

Saat dihubungi oleh tim uns.ac.id, Olivia mengaku bahwa keinginannya untuk menjadi bagian dari Duta Bahasa Jawa Tengah dimulai dari Kota kelahirannya, Solo, yang kental dengan budaya, bahasa, dan pariwisata. Dirinya juga berkeinginan untuk lebih mengembangkan potensi diri melalui ajang pemilihan ini.

“Di Duta Bahasa, ada yang namanya Trigatra Bangun Bahasa. Mengutamakan Bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing, dari situ Oliv tertarik mengikuti duta bahasa selain untuk mengembangkan potensi diri,” ujan Olivia, Rabu (29/5/2024).

Olivia bercerita bahwa dirinya mengikuti proses seleksi tulis dan wawancara bersama 100 peserta lainnya sebelum terpilih menjadi finalis Duta Bahasa Jawa Tengah. Dalam masa karantina finalis, Olivia diberikan tugas untuk membuat krida atau produk kebahasaan. Ia mengangkat isu bahasa dan kekerasan pada perempuan dalam kridanya.

“Produk kebahasaan saya adalah “LIBAS” atau Literasi bagi Semua. Literasi bagi semua ini adalah suatu praktik peningkatan literasi bagi anak perempuan guna mencegah kekerasan seksual. Jadi LIBAS ini sistemnya adalah mengajak anak perempuan untuk membaca karya sastra yang disesuaikan umur (berupa dongeng atau cerpen) dan dilanjutkan membuat kritik sastra feminis,” jelas Duta Bahasa 2024 tersebut.

Dirinya juga berkolaborasi dengan organisasi-organisasi setempat untuk menjalankan LIBAS ini dan berharap dari produk ini akan memunculkan perempuan yang paham mengenai isu-isu feminis serta dapat menyampaikan kembali, sehingga lebih banyak pihak yang teredukasi.

Selain menjadi Pemenang 1 Putri Duta Bahasa Jawa Tengah, Olivia berhasil meraih kehormatan lainnya seperti, Pemenang Favorit Putri yang dipilih oleh Juri saat sesi tanya jawab. Skor Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Terbaik dengan skor 769 dan predikat istimewa serta Predikat Krida Terbaik.

Tidak sampai disitu saja, Olivia dan rekan-rekannya juga akan melanjutkan keberjalanan Krida yang bertujuan untuk pemberdayaan penggunaan Bahasa Indonesia, pelestarian bahasa daerah, serta penguasaan bahasa asing.

Olivia saat ini juga sedang mempersiapkan diri untuk maju dalam Ajang Duta Bahasa Nasional yang akan dilaksanakan Oktober mendatang.

“Saya akan mewakili Jawa Tengah di tingkat nasional dan saat ini sedang dalam masa karantina yang disiapkan oleh Bapak-Ibu dari Balai Bahasa Jawa Tengah dan Kakak-kakak Ikatan Alumni Duta Bahasa,” tambahnya.

Humas UNS

Reporter: Annisa Fakhira

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content