Mahasiswa UNS Raih Medali Perak dalam 12th International Innovation, Invention & Design Competition 2023

Mahasiswa UNS Raih Medali Perak dalam 12th International Innovation, Invention & Design Competition 2023

UNS – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Baru saja, Bima Pramudya dan Mazza Zulfikar Wibowo dari Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik (FT) yang tergabung dalam satu tim bersama Aditya Revi Setiawan, Nasyafa Fierlyanda Putri, dan Huda Sahidah Faqih dari Prodi Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) meraih silver medal dalam The 12th International Innovation, Invention & Design Competition (INDES) 2023.

Kompetisi tersebut berlangsung secara daring sejak awal Maret hingga 22 Juni 2023. Tim yang dibimbing oleh Dr. Eng. Kusumaningdyah Nurul Handayani, S.T., M.T. dan Pandu Purwandaru, S.Ds., M.Ds., Ph.D. ini mengusung desain ekowisata berbasis pertanian padi lokal di Desa Sabrang, Delanggu, Kabupaten Klaten.

“Dalam desain tersebut, terdapat area workshop untuk membuat kerajinan dari tanaman padi. Selain itu, area persawahan juga kami manfaatkan agar wisatawan dapat merasakan menanam padi. Lalu, ada juga tempat untuk menunjang kegiatan tradisi lokal, seperti wiwitan dan ngani-ani gitu, kami menyebutnya ‘gubuk event’. Kami juga menyediakan taman bunga, arena outbond, dan area kuliner tradisional,” tutur Bima Pramudya seperti dikutip dari ft.uns.ac.id, Senin (4/9/2023).

Desain ekowisata tersebut bertujuan agar masyarakat luas lebih mengenal Padi Rojolele yang merupakan komoditas lokal unggulan di Delanggu, Klaten. Selain itu, melalui ekowisata ini, Bima berharap agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di sekitar dengan daya tarik ekowisata tersebut.

Bima mengatakan bahwa timnya yang berasal dari lintas disiplin ilmu ini berawal dari sebuah kegiatan kerja sama antara dosen Arsitektur dan Desain Interior UNS. Kemudian, terjadilah kolaborasi untuk mengikuti kompetisi yang menyelaraskan dua disiplin ilmu tersebut.

Salah seorang tim dari Desain Interior, Aditya Revi Setiawan mengaku senang dengan raihan prestasi tersebut.

“Meskipun kurang maksimal, tapi kami tetap bersyukur dengan prestasi ini. Semoga, dapat menginspirasi teman-teman untuk mengejar kesempatan emas dalam berbagai kompetisi di tingkat nasional maupun internasional,” ungkapnya. HUMAS UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Skip to content