Search
Close this search box.

MM FEB UNS Raih Penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2021

UNS — Program Studi (Prodi) Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memperoleh penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2021 sebagai salah satu perguruan tinggi penyelenggara pendidikan MM dengan pengelolaan media digital terbaik di Indonesia. Penghargaan diberikan secara daring pada acara seremoni Penghargaan IDPBA, Kamis (28/10/2021).

Retno Tanding Suryandari, S.E., M.E., Ph.D., Kepala Prodi MM FEB UNS menjelaskan, terdapat 3 kriteria penilaian pada penghargaan IDPBA. Kriteria tersebut yakni Search Engine Based, Social Media Based, dan Websited Based. Kriteria Search Engine Based dinilai berdasarkan ulasan brand di halaman internet dan pencarian brand rata-rata perbulan di internet. Kemudian kriteria Social Media Based dinilai berdasarkan engagement Facebook, Instagram, dan Youtube. Yang terakhir, kriteria Website Based dinilai berdasarkan traffic laman web, kecepatan akses laman web, dan mobile user friendliness.

Dari ketiga kriteria penilaian itu, Info Brand memilih sepuluh Prodi MM dari perguruan tinggi yang memenuhi kriteria awal yaitu kriteria perguruan tinggi yang diulas lebih dari 10.000 halaman mesin pencari dan UNS masuk dalam kategori itu.

“Salah satu yang saya kira membuat UNS bisa masuk ke dalam 10 besar ini, UNS sangat gencar memanfaatkan media sosial disamping media formal di laman-laman internet untuk memperkenalkan UNS dan Prodi yang ada dilingkungan UNS. Pemanfaatan media sosial seperti Youtube, Instagram, Twitter yang kemudian menjadi salah satu dari penilaian tentang seberapa besar traffic yang diperoleh oleh perguruan tinggi maupun Prodi tersebut,” tutur Retno Tanding Suryandari, Ph.D.

Dijelaskan pula, selain website, saat ini Magister Manajemen UNS juga memanfatkan media sosial lainnya yakni Youtube, Instagram, Twitter dan Facebook sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan stakeholder, calon mahasiswa, juga para mahasiswa maupun para pencari informasi.

Beberapa konten dalam media sosial MM ada yang terkait dengan konten-konten bisnis, bagaimana mengelola bisnis, apa saja tantangan serta solusi yang bisa diambil oleh para pengambil keputusan terkait problem-problem yang dihadapi pengelola bisnis dan organisasi.

Harapannya konten-konten yang disajikan dalam media sosial MM UNS tidak hanya bermanfaat untuk kalangan mahasiswa, namun juga pencari informasi lainnya, misalnya para pengelola bisnis dan lain sebagainya.

Menurut Retno Tanding Suryandari, Ph.D., penghargaan yang diperoleh Prodi MM ini merupakan hasil kerja keras banyak tim. Tidak hanya pengelola media sosial. Adapula peran para pengelola website, kontribusi fakultas, dan juga promosi yang dilakukan universitas tentang keseluruhan Prodi di UNS. Humas UNS

Reporter: Rangga
Editor: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content