Munas ke-1 APPII Terselenggara di UNS, Prof. Sulistyo Saputro Terpilih Menjadi Ketua Umum

by | Nov 29, 2022 17:22 | Berita Terkini

UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terpilih menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional (Munas) ke-1 Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA Indonesia (APPII) yang diselenggarakan pada Minggu-Selasa (27-29/11/2022). Pembukaan Munas ke-1 APPII ini dihadiri oleh Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D. selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) S-3 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS, Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si. selaku Wakil Dekan Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Logistik FKIP UNS, dan Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si selaku Wakil Rektor Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis dan Informasi UNS.

Munas ke-1 APPII diawali dengan pengantar dari Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D. Dalam sambutannya, Prof. Sulistyo menyampaikan bahwa acara Munas ke-1 APPII ini diantaranya dihadiri dari UNS, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Surabaya, Universitas Mataram, Universitas Pakuan Bogor, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Universitas Bengkulu (UB), Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, UPGRIS Semarang, dan beberapa institusi lainnya.

Prof. Sulistyo berharap agar pembentukan APPII ini dapat meningkatkan kerja sama dalam bidang pendidikan dan pembelajaran IPA di seluruh Indonesia melalui kesamaan misi, menjaga kualitas pendidikan IPA, serta kolaborasi dalam riset dan publikasi.

Munas ke-1 APPII Terselenggara di UNS, Prof. Sulistyo Saputro Terpilih Menjadi Ketua Umum

“Pada dasarnya, APPII merupakan kumpulan Kepala Program Studi yang ada dalam S-2 Pendidikan IPA dan S-3 Pendidikan IPA di seluruh Indonesia. Dengan APPII ini dapat meningkatkan kerja sama dalam bidang pendidikan dan pembelajaran IPA di seluruh Indonesia. Bahwa saat ini, di Indonesia belum ada Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA. Pembentukan APPII diharapkan ada kesamaan misi dalam pembelajaran IPA. Kedua, menjaga kualitas Pendidikan IPA supaya lebih baik. Ketiga, ke depan perlu pelaksanaan join riset dan publikasi yang bisa dikerjakan secara bersama dari institusi yang tergabung dalam APPII,” jelas Prof. Sulistyo.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si. juga turut memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si. berpesan bagaimana APPII dapat memprofesorkan seluruh Kaprodi Pendidikan IPA menjadi salah satu target program kerja ke depan. Ia berharap adanya kolaborasi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian. 

“Pada dasarnya, keberadaan research citationmenjadi upaya meningkatkan H Index dalam suatu perguruan tinggi. Selain itu, ada langkah ke depan bagaimana mengembangkan model-model pembelajaran dapat diaplikasikan secara nyata. Intinya, kolaborasi antar perguruan tinggi yang digabung dalam asosiasi ini penting untuk ke depannya. Kontribusi Pendidikan IPA saling memadukan dan membangun kolaborasi dengan seluruh jaringan yang ada,” kata Prof. Sajidan.

Hasil akhir dari Munas ke-1 APPII di UNS ini secara aklamasi menetapkan Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D. dari UNS sebagai ketua umum dan Dr. Euis Nursa’adah, M.Pd. dari UB sebagai sekretaris, dan sekaligus menetapkan semua pengurus lengkapnya. Selain itu, Munas Ke-1 APPII menghasilkan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) sebagai landasan operasional bagi perjalanan APPII ke depannya. Acara terakhir adalah penandatanganan perjanjian kerja sama antarprogram studi oleh Kaprodi Pascasarjana Pendidikan IPA yang tergabung dalam APPII. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Redaktur: Dwi Hastuti

Viral di Tiktok, Aksi Bersih-Bersih Sampah oleh Mahasiswa UNS Tuai Pujian Warganet

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam beasiswa Rumah...

Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Bersama PPII Jateng Selenggarakan Webinar Nasional

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan...

Peringati Hari Gizi Nasional, Rumah Sakit UNS Gelar Talkshow Bahas Stunting

UNS --- Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ialah dengan...

LPM Novum FH UNS Gelar Webinar Bahas Dekadensi Regulasi Perlindungan Anak

UNS – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Novum Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Bagaimana Keikutsertaan Masyarakat dalam Mewujudkan Siaran Berkualitas? Berikut Tanggapan Pakar Hukum UNS

UNS --- Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi semakin berkembang cepat terlebih di era...

FK UNS Jalin Kerja Sama dengan LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah

UNS --- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama...

Koordinasi Kemitraan antara UNS dan SEA Today Bahas Beberapa Kesepakatan

UNS --- Rapat bersama antara Pusat Unggulan Iptek (PUI) Perguruan Tinggi (PT) Center of Fintech...

Prodi S-3 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Luluskan Doktor Baru

UNS — Program Studi (Prodi) S-3 Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)...

Tergabung dalam Dhaharan.id, Mahasiswa UNS Gelar Bakti Sosial di Dua Tempat

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar bakti sosial di...

FEB UNS Jalin Kerja Sama Pengabdian dengan BNI Hong  Kong

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama...