Membanggakan! Tim Bengawan UV UNS Raih Tiga Gelar dalam KKCTBN 2022

Membanggakan! Tim Bengawan UV UNS Raih Tiga Gelar dalam KKCTBN 2022

UNSTim Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih tiga predikat juara dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2022. Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. KKCTBN 2022 berlangsung pada 11—15 November 2022 di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur.

Tim Bengawan UV UNS membawa tiga gelar juara, yaitu Juara 3 Lomba Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Patroli Catamaran dengan daya Fuel Engine Remote Control (FERC), Juara Harapan 1 Lomba Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal High Speed Support Vessel (HSSV) Catamaran dengan daya Electric Remote Control (ERC), dan Juara Fun-Battle FERC.

General Manager Bengawan UV, Andreal Muhammad Naufal mengatakan bahwa dari enam kategori, Bengawan UV hanya mengikuti tiga kategori. 

“Persiapan kami sudah mulai sejak bulan Juni saat rules kompetisi keluar. Kami mulai dengan membuat desain kapal, membuat prototipe kapal, dan testing prototipe yang sudah dibuat. Tiga kategori yang tidak kami ikuti merupakan lomba desain kapal karena masih di luar jangkauan mahasiswa UNS,” jelasnya, Selasa (29/11/2022).

Lebih lanjut, Andreal menjelaskan bahwa saat pelaksanaan kompetisi, mereka melakukan time attack dengan perolehan waktu tercepat dan menembak target yang sudah disediakan dengan sistem persenjataan yang sudah mereka siapkan.

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Mesin tersebut berharap dukungan dari kampus dalam penyediaan fasilitas laboratorium dan pendanaan. 

“Semoga, dukungan dari kampus lebih banyak lagi sehingga kami bisa melebarkan sayap lebih luas lagi,” harapnya.  Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content