Search
Close this search box.

Padukan Islam dengan Sains, Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Lomba Microblog Nasional

UNS — Prestasi di tingkat nasional kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kali ini, Salman Al Farisi dari Program Studi (Prodi) Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) berhasil menjuarai kompetisi microblog nasional. Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Syiar Kegiatan Islam (SKI) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS dengan tajuk Islamic Festival.

Salman menyampaikan bahwa dalam karyanya, Ia memilih konten mengenai hubungan agama Islam dengan sains. Hal tersebut karena keduanya sering dibenturkan.

“Ada yang bilang bahwa agama menghambat kemajuan sains atau sebaliknya, pengembangan sains bertentangan dengan nilai dan ajaran agama, padahal sebenarnya tidak seperti itu. Islam sebagai sebuah sistem nilai yang universal dan sempurna tidak pernah sekalipun bertentangan dengan pengembangan ilmu pengetahuan, dalam hal ini sains dan teknologi. Keduanya dalam Islam dipandang sebagai sarana untuk mencapai kemajuan dan kemaslahatan umat manusia,” kata Salman, Sabtu (18/12/2021).

Ia menambahkan bahwa budaya keilmuan pun dijunjung tinggi dalam Islam, banyak ayat dalam dalam Al Quran yang mendorong manusia untuk belajar.

“Buktinya peradaban Islam (Abbasiyah) dulu pernah menjadi kiblat ilmu pengetahuan dunia. Meskipun banyak yang berkata itu karena pemimpinnya liberal progresif, berdasarkan referensi yang saya baca setidaknya pada masa itu tidak pernah ada perpecahan antara Islam dan sains. Keingintahuan yang didasarkan pada keimanan terbukti berhasil mengantarkan umat Islam mencapai puncak intelektualitasnya sebagai seorang hamba,” tambahnya.

Dalam kompetisi yang diikuti oleh peserta dari berbagai perguruan tinggi tersebut, Salman mengaku senang ketika diumumkan meraih juara 1.

“Alhamdulillah yang pasti seneng ya, apalagi ini baru pertama kalinya ikut lomba microblog. Dulu waktu liat pamflet lomba niat awalnya ikut lomba posternya aja karena selama ini seringnya poster. Terus penasaran sama microblog, survei-survei, cari referensi, kok dilihat-lihat menarik juga, akhirnya ikut yang microblog,” ungkap Salman.

Melalui torehan ini, mahasiswa semester akhir tersebut berharap dapat menjadi pemacu untuk mengikuti kompetisi sejenis. Selain itu, Ia juga berharap agar umat Islam dapat belajar dari kejayaan Islam pada masa Kekhalifahan Abbasiyah dengan ilmu pengetahuan yang sudah maju. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content