UNS — Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meresmikan Pojok Statistik pada Senin (20/12/2021). Peresmian Pojok Statistik dilakukan oleh Direktur Diseminasi Statistik, Dr. Pudji Ismartini didampingi Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Adhi Wiriana, Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Dr. Sutanto dan Dekan FMIPA UNS, Harjana, Ph. D di Aula FMIPA UNS.

Dalam sambutannya, Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Adhi Wiriana mengatakan Pojok Statistik ini merupakan terobosan dari Badan Pusat Statistik (BPS) untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Keberadaan Pojok Statistik di FMIPA UNS ini merupakan Pojok Statistik pertama di Jawa Tengah. “Karena sudah kami petakan bahwa 58 persen pengguna data statistik di Jateng adalah mahasiswa dan sivitas akademika. Dari empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jateng, yaitu Undip, Unsoed, Unnes dan UNS, nah Pojok Statistik di FMIPA UNS ini merupakan yang pertama,” terang Adhi.

Kemudian secara nasional, Direktur Diseminasi Statistik, Dr. Pudji Ismartini menambahkan bahwa sampai saat ini sudah ada tujuh Pojok Statistik di perguruan tinggi. “Tahun depan kami targetkan semua provinsi ada Pojok Statistik minimal satu. Dan selama ini respon perguruan tinggi sangat baik, karena memang kebutuhan data di perguruan tinggi cukup tinggi. Semoga dengan hadirnya Pojok Statistik ini dapat mendekatkan BPS ke mahasiswa dan akademisi sebagai sekmen terbesar mengguna data BPS,” ujar Dr. Pudji.

Dr. Pudji melanjutkan bahwa keberadaan Pojok Statistik ini sebagai bentuk layanan kolaboratif yang dilakukan BPS sebagai penyelenggaran pelayanan publik. “Karena ini baru dilaunching, nanti kita evaluasi setelah proses berjalan dan akan menjadi bahan evaluasi BPS ke depan,” imbuh Dr. Pudji.

Dr. Pudji juga menambahkan bahwa hadirnya Pojok Statistik ini untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Pengunjung bisa melakukan konsultasi statistik, lalu ada edukasi statistik yang layanannya bersifat tematik dan terjadwal. Untuk jadwalnya bisa diakses di pojokstatistik.bps.go.id serta Pojok Statistik ini juga dilengkapi dengan data-data statistik dalam bentuk infografis dan videografis,” ujar Dr. Pudji.

Pertama di Jateng, FMIPA UNS Resmikan Pojok Statistik

Sementara itu, Dekan FMIPA UNS, Harjana, Ph. D mengatakan sangat bangga karena bisa menjadi bagian dari Pojok Statistik dari BPS. Ini merupakan salah satu bentuk realisasi kerja sama BPS Jateng dengan UNS khususnya FMIPA yang memiliki Prodi Statistik. “Kami sangat Bahagia karena bisa menjadi central pembelajaran statistik di Solo khususnya dan di Jateng pada umumnya. Kami mengucapkan terima kasih kepada tim BPS Jateng yang sangat berperan aktif dalam mewujudkan Pojok Statistik di FMIPA UNS,” kata Harjana.
FMIPA UNS menempatkan lokasi Pojok Statistik di Gedung B supaya mudah diakses oleh sivitas akademika UNS. Dengan hadirnya Pojok Statistik diharapkan menjadi salah satu sarana pelayanan publik bagi sivitas akademika yang mudah untuk memperoleh data tercetak maupun digital. “Bisa untuk membangun literasi statistik. Dan ini juga menjadi salah satu tempat implementasi MBKM. Salah satu tempat yang bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk Prodi Statistik tapi juga untuk Prodi lain. Semoga kedepan sarana prasarana dan fungsi Pojok Statistik dapat ditingkatkan menyesuaikan kebutuhan pengunjung. Pojok Statistik di FMIPA UNS ini dilengkapi dengan ruang baca yang nyaman, akses wifi, koleksi pustaka serta terdapat petugas yang akan melayani pengunjung,” ujar Harjana.

Sedangkan Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho yang diwakili oleh Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Dr. Sutanto sangat memberikan apresiasi atas diresmikannya Pojok Statistik di FMIPA UNS. “Tadi malam Pak Rektor menyampaikan ke saya bahwa beliau sangat mengapresiasi keberadaan Pojok Statistik ini karena dapat mendekatkan statistik ke masyarakat,” ujarnya.

Pertama di Jateng, FMIPA UNS Resmikan Pojok Statistik

Dalam rangkaian kegiatan Launching Pojok Statistik ini, juga dilakukan Kuliah Umum oleh Direktur Diseminasi Statistik, Dr. Pudji Ismartini dengan tema Perkuat Statistik Percepat Pemulihan Jawa Tengah dan pengukuhan agen statistik UNS. Hadirnya agen statistik ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak diseminasi data statistik di UNS khususnya serta masyarakat Solo dan sekitarnya pada umumnya. HUMAS UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Peringati Hari Tani, Tim PPK Ormawa HM Pelita UNS Gelar Sehati di Gentungan, Karanganyar

UNS --- Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa...

Tim PKM-RE UNS Deteksi Milk Protein Allergen melalui Karakterisasi Gen CSN2

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung di dalam tim Program...

Pemilihan Rektor UNS Masa Bakti 2023-2028 Dimulai, ini Harapan Prof. Jamal Wiwoho

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Masa Bakti 2019-2023, Prof. Jamal Wiwoho,...

Resmi, UNS Launching Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi me-launching Panitia Penjaringan dan...

Riset Grup FISIP UNS Gelar Pelatihan Branding dan Marketing untuk UMKM Kedai Kopi di Solo

UNS --- Riset Grup (RG) pengabdian masyarakat Komunikasi Strategis, Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim PKM-RSH UNS Teliti Strategi Baru Penanganan Temper Tantrum pada Anak Autis

UNS --- Sejumlah  mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...

Tim PKM-RE UNS Mengembangkan Material Teragnostik untuk Penyakit Kanker dari Limbah Ampas Kopi

UNS --- Sejumlah  mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...

UPT KLI UNS Inisiasi Kerja Sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia

UNS --- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerja sama dan Layanan Internasional (KLI) Universitas Sebelas...

Mahasiswa FKIP UNS Sukses Raih Juara 2 Lomba Tepat Cepat Tingkat Nasional

UNS --- Rizki Wahyu Perdana, seorang mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi Fakultas...

Tim PKM-K FKIP UNS Luncurkan Produk Tas Multikapasitas Berbasis Edukasi

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...