UNS — Evonella Pangaribuan mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Industri Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membagikan ceritanya magang di salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) terbesar di dunia, Unilever.
Evo panggilan akrabnya, magang pada posisi Customer Development (CD) bagian beverages untuk brand Buavita dan Sariwangi selama 6 bulan, dengan periode magang sejak 1 Maret – 31 Agustus 2022. Pekerjaan kesehariannya yakni memastikan bagaimana caranya barang bisa keluar dari toko atau terjual.
“Nah biasanya aku buat plan dulu seperti harus pakai promo apa, menentukan digital activity yang mendukung, menentukan budget untuk promo, cek kondisi barang di toko, analisis kompetitor, dan buat visibility untuk produk kita di toko,” ujar Evo saat dihubungi tim uns.ac.id pada Kamis (1/9/2022).
Sementara itu, selama periode magang pengalaman berkesan dan menantang yang dialami Evo ialah saat dimana dirinya berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk orang-orang yang usia nya jauh di atas kita.
“Hal tersebut sangat menantang karena bener-bener harus bisa bernegosiasi sama mereka, apalagi kalau sudah ada yang berbeda pendapat gitu. Tapi jadi belajar banyak juga. Selain itu hal menantang lainnya saat di mana aku harus buat budgeting plan. Itu menantang sekaligus berkesan karena sangat challenge buat aku harus bisa bikin plan dengan budget yang sudah ditentukan, dan memastikan kalau rencana kegiatannya itu bakal terlaksana,” tutur Evo.
Evo juga menerangkan bahwa dirinya sempat mengalami culture shock dengan budaya kantor karena banyak istilah yang awalnya sempat tak mengerti.
“Jadi agak susah di awal untuk bisa ngikutinnya. But thank God I have supportive surroundings yang sangat sabar ngajarin aku yang tanya melulu hehe,” tambah Evo.
Meski mendapatkan kendala dan tantangan selama magang, namun Evo mengaku senang dan sangat bersyukur dapat diterima magang di Unilever. Karena akhirnya dirinya berkesempatan untuk explore bidang yang sesuai dengan kemauannya.
Adapun sebagaimana yang diungkapkan Evo, keterampilan yang ia dapat selama magang sebagai CD ini yakni keterampilan negosiasi, komunikasi, attention to detail, data analytic, lebih ter-organized, serta skill multitasking karena banyak hal yang harus ia kerjakan dan tidak boleh terlewat.
- Prodi S-3 Kajian Budaya UNS Adakan Lokakarya Rekonstruksi Kurikulum serta Pengembangan Arah Kajian Budaya
- Guru Besar FEB UNS Masuki Masa Purnabakti
- Halalbihalal DWP UNS, Plt. Rektor Mengajak untuk Memelihara Semangat Kebersamaan dan Kekeluargaan
- Mahasiswa MBKM Magang FP UNS Berpartisipasi dalam Kegiatan Outing Class di Dispangtan Kota Surakarta
- Dua Dosen FH UNS Lolos untuk Program Sabbatical Leave dan Memenangkan Grant Penelitian Internasional
“Bagi teman-teman yang ingin magang di Unilever atau perusahaan FMCG lain, kuncinya banyak belajar tentang dunia FMCG aja. Caranya dengan mengamati penjualan produk-produk FMCG di toko-toko itu biasanya bagaimana. Kemudian strategi penjualan yang mereka gunakan seperti apa, strategi branding bagaimana, placement nya bagaimana, dan sebagainya. Pada intinya, produk FMCG, khususnya Unilever itu ada banyak di sekitar kita. Jadi sangat mudah untuk di explore. Serta persiapkan pula untuk berlatih mengobrol dengan bahasa Inggris, supaya lebih confident saat menjawab pertanyaan nantinya,” terang Evo.
Terakhir Evo berpesan untuk terus semangat dan jangan pernah capek belajar. Karena berkarya di luar atau di dalam kampus itu sama saja yang penting kalian bersungguh-sungguh dalam mengikutinya.
“Karena dengan bersungguh-sungguh gak hanya prosesnya aja yang capek, tapi hasil nya juga pasti oke,” tutup Evo. Humas UNS
Reporter: Lina Khoirun Nisa
Editor: Dwi Hastuti