Search
Close this search box.

Prodi PSR FKIP UNS Gelar Pameran Seni Rupa Internasional Art Educare ke-13

UNS – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Seni Rupa (PSR) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar acara Pameran Seni Rupa Internasional Art Educare (AEC) ke-13. Dengan mengusung tema “Reconnect”, pameran ini dilaksanakan di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) selama 4 hari yaitu pada hari Rabu tanggal (24/05/2023) hingga Sabtu (27/05/2023).

Acara Pameran Seni Rupa Internasional Art Educare ke-13 diresmikan secara langsung oleh Dekan FKIP UNS, Dr. Mardiyana, M.Si. dengan didampingi oleh Kepala Program Studi PSR FKIP UNS, Dr. Adam Wahida, S.Pd., M.Sn pada Rabu (24/05/2023).

Dalam sambutannya Dr. Mardiyana turut memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan pameran Art Educare yang ke-13 ini. Beliau mengatakan bahwa acara seperti ini juga dapat sekaligus sebagai wahana silahturahmi, sebagai wahana komunikasi dan membangun jejaring antar para seniman.

“Semoga Prodi PSR FKIP UNS dapat terus menghasilkan karya yang berkualitas. Seni rupa merupakan potensi yang sangat membanggakan. Dengan kegiatan ini harapannya menyadarkan generasi-generasi muda supaya menyenangi profesi sebagai seni rupa. Kami atas nama fakultas mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah memfaslitasi mengorganisir kegiatan ini, sehingga kegiatan pameran bisa berjalan dengan baik. Terima kasih juga saya ucapkan kepada kolega dari luar negeri yang telah berkenan hadir untuk bertemu dan bersilahturahmi pada acara pameran ini. Mudah-mudahan dari kegiatan ini akan terbentuk kerja sama antar para seni rupa Indonesia dengan seni rupa luar negeri,” lanjut Dr. Mardiyana.

Sementara itu, Reconnect sebagai tema kegiatan Art Educare ke-13 tahun ini merujuk pada keinginan untuk terus menguatkan serta memperluas gerakan kesenirupaan berbasis kolektivitas. Tema tersebut juga merupakan penanda dari upaya menjalin kembali komunikasi dan kerja sama antar personal di internal kampus UNS, serta komunitas yang pernah terlibat dalam kegiatan Art Educare sekaligus ingin menggandeng lebih banyak partisipan yang belum terkoneksi dengan praktik kesenian apapun ke dalam Art Educare. Kegiatan ini diharapkan menjadi pintu masuk bagi pola interaksi mahasiswa dan juga masyarakat di luar kampus melalui kegiatan kesenirupaan.

Afdan Yusron Nawawi selaku ketua panitia pameran mengatakan bahwa Art Educare kali ini mendatangkan narasumber ternama baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk melangsungkan kegiatan kuliah umum dan artist talk. “Dalam kegiatan kuliah umum kami menghadirkan seniman dari dalam negeri Heri Dono yang akan berlangsung di depan Galeri Seni Rupa Taman Budaya Jawa Tengah secara outdoor mulai pukul 10.00” lanjut Afdan Yusron Nawawi.

“Heri Dono merupakan Seniman Indonesia pertama yang sukses menembus kancah seni rupa global di awal tahun ’90-an dan kami juga mendatangkan beberapa seniman dari luar negeri sebagai Artist Talk yaitu Dr. Rosli Zakaria dari UITM Malaysia dan Melissa Abuga A dari Filipina” tambah Afdan Yusron Nawawi.

Selain mendatangkan narasumber, serangkaian acara lainnya pada saat pameran berlangsung seperti opening treatikal dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, penampilan musik dari mahasiswa, dosen, dan alumni Pendidikan seni rupa diantaranya ada Band “The Dozer”, Band “Bledek”, Band Sekutu Dansa” pada hari Rabu (24/05/2023). Penampilan Live Painting, Artis Talk Melissa Abuga-A (seniman Filipina) dan Dr. Rosli Zakaria (Malaysia), kuliah Bersama Pak Heri Dono pada hari Kamis (25/05/2023). Open gallery pada hari Jumat (26/05/2023). Performing Art Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa, perform musik Band UNY “The Wirox” dan Band UNY “The Provokator”, perform musik band dari ISI “Goon”, pernampilan dari Band REALITA , dan juga penampilan band dari alumni Pendidikan seni rupa sebagai Guest star ‘GODRES GEDTIH’ pada hari sabtu (27/05/2023).

“Saya berharap dengan diadakannya kembali Pameran Seni Rupa Internasional Art Educare ke-13 kali ini dapat membangun komunikasi dan kerja sama serta menjadi pintu masuk bagi pola interaksi mahasiswa dan juga masyarakat diluar kampus melalui kegiatan kesenirupaan, saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang selalu memberikan support untuk keberlangsungan Art Educare,” pungkas Afdan Yusron Nawawi.
Humas UNS/Lina Khoirun Nisa

Scroll to Top
Skip to content