Search
Close this search box.

UNS dan Bank Indonesia Gelar Expo Produk UMKM Solo Raya di Lumbung Batik, Laweyan

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan Bank Indonesia menggelar Expo Produk Craft Category bagi Mahasiswa dan Alumni UNS. Pagelaran expo digelar selama 3 hari pada Jumat (26/5/2023) hingga Minggu (28/5/2023) bertempat di Lumbung Batik, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Penyelenggaraan expo juga dibuka untuk umum mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB.

Kegiatan expo diresmikan secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. Prof. Kuncoro mengatakan bahwa melalui pagelaran expo ini untuk penguatan ekonomi khususnya bidang UMKM.

“Harapan kami dengan adanya expo ini bisa menjadi satu titik balik awal untuk membangkitkan perekonomian di Indonesia. Mendorong UMKM untuk bisa hingga ke pangsa pasar internasional,” ujar Prof. Kuncoro dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Prof. Kuncoro menambahkan, untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan sinergi bersama antar akademisi dan UMKM. Karena dari kolaborasi tersebut dapat tercipta inovasi produk-produk yang kreatif.

“Dalam konsep pengembangan produk dan peningkatan kualitas perlu adanya kolaborasi. Diperlukan adanya sinergi yang harus kita bangun bersama, sehingga nilai produk UMKM yang diciptakan mampu berkontribusi dan memberi manfaat secara luas bagi perekonomian Indonesia,” papar Prof. Kuncoro.

Prof. Kuncoro melanjutkan bahwa melalui expo ini harapannya bisa sekaligus menjadi wadah bagi mahasiswa dan alumni UNS serta UMKM Solo Raya untuk bisa memasarkan produknya di kancah internasional.

Kemudian sambutan selanjutnya disampaikan oleh Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Dr. Sutanto, S.Si., DEA. Dr. Sutanto turut berharap melalui kegiatan expo ini bisa membawa produk UMKM kita hingga ke mancanegara.

“Adapun untuk pemilihan lokasi expo di Lumbung Batik adalah karena kami ingin mendekatkan diri ke masyarakat secara langsung. Harapannya semoga masyarakat baik dari Solo maupun luar Solo bisa turut memberikan apresiasi dari adanya expo ini,” kata Dr. Sutanto.

Selanjutnya, penyampaian sambutan oleh Deputi perwakilan Kepala Bank Indonesia Solo. Beliau mengatakan, dengan semakin banyaknya UMKM yang bisa melakukan ekspor, maka sekaligus dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kami berharap dari penyelenggaraan expo yang produk UMKMnya sudah dari hasil kurasi ini bisa semakin diapresiasi. Kami berharap produk UMKM ini bisa terus mengembangkan kualitasnya khususnya sesuai dengan pasar Eropa. Semoga acara expo ini lancar, dan paling tidak pada bulan Juni nanti kita bisa memberangkatkan minimal 1 kontainer produk UMKM ke Prancis,” pungkasnya.
Humas UNS/Lina Khoirun Nisa

Skip to content