Berita Terkini

Program Doktor Ilmu Pertanian UNS Raih Akreditasi A BAN PT

By 31 July 2020 No Comments

UNS – Kabar gembira datang dari Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pasalnya Program Doktor (S-3) Ilmu Pertanian meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Hal tersebut diumumkan melalui Surat Keputusan (SK) BAN PT Nomor 4277/SK/BAN PT/Akred/D/VII/2020. Status akreditasi A tersebut berlaku 5 tahun sejak 28 Juli 2020 hingga 28 Juli 2025.

Penilaian Asesment Lapangan (AL) dilakukan secara daring pada 16-17 Juli 2020 oleh asesor BAN PT, M. Achmad Chozin dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Sedyo Hartono dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Capaian tersebut menjadi salah satu kebanggaan dan peningkatan penjaminan mutu Prodi yang berada di bawah naungan Fakultas Pertanian (FP) dan Pascasarjana UNS ini.

Koordinator Bidang Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Akreditasi Nasional Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS, Dr. Muhammad Rohmadi mengungkapkan bahwa upaya dari LPPMP untuk mendongkrak mutu akan dilakukan secara berkelanjutan.

“Upaya dan semangat supertim Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu (PSPM) LPPMP UNS dan unit penjaminan mutu Fakultas dan Pascasarjana UNS terus dilakukan secara berkala. Penguatan dokumentasi dan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal atau SPMI serta monitoring dan evaluasi untuk mewujudkan kualitas sistem penjaminan mutu eksternal dari BAN PT juga terus disinergikan secara periodik,” terang Dr. Rohmadi, Kamis (30/7/2020).

Sementara itu, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan bahwa penjaminan mutu Prodi di UNS menjadi prioritas utama.
“Penguatan penjaminan mutu dan keberlanjutan program doktor di pascasarjana menjadi prioritas yang harus ditindaklanjuti secara komprehensif. Selain itu, semangat tim akreditasi baik dari universitas, fakultas, pascasarjana, dan sekolah vokasi menjadi target capaian penguatan dan peningkatan kualitas Prodi di UNS,” terang Prof. Jamal yang didampingi Direktur Pascasarjana UNS, Prof. Sutarno, Dekan FP UNS, Prof. Samanhudi, dan Ketua LPPMP UNS, Prof. Sarwiji Suwandi.

Dr. Rohmadi juga menambahkan bahwa keberlanjutan sistem akreditasi menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan penjaminan mutu di UNS secara bertahap.
“Target naik peringkat dari akreditasi B menjadi A dan yang A menuju akreditasi nasional terus dilakukan. Berbagai fasilitas untuk mewujudkan peningkatan dan penguatan penjaminan mutu baik nasional dan internasional terus diupayakan. Oleh karena itu, tim akreditasi UNS harus selalu siap siaga untuk menggawangi mutu Prodi-Prodi di UNS secara berkelanjutan,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply