Berita Terkini

Himadan UNS: Pentingnya Personal Branding

By 30 July 2020 No Comments

UNS – Himpunan Mahasiswa Kebidanan (Himadan) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan diskusi daring dengan tema Personal Branding on Social Media pada Selasa (28/7/2020). Acara dilaksanakan melalui aplikasi Google Meet.

Menggandeng Emina sebagai media partner, Himadan UNS menghadirkan pembicara utama yang telah berpengalaman dalam dunia personal branding yakni Citra Purnamasari yang merupakan Emina Market Development Tim Pusat. Kegiatan ini diikuti oleh 50 mahasiswa Program Studi (Prodi) Kebidanan UNS. Dalam kesempatan ini, Citra menjelaskan bahwa penting untuk menyuarakan apa yang ada di dalam pikiran.
“Kebanyakan seseorang salah dalam melihat kecantikan, karena hanya melihat dari fisik. Lip aloud, suarakanlah apa yang ada dalam pikiranmu dan jadilah diri sendiri maka kamu akan cantik dengan dirimu sendiri,” jelas Citra.

Indonesia berada di posisi keenam pada pengguna media sosial di dunia, maka menurut Citra, media sosial memegang peranan penting dalam mempresentasikan diri. Citra menilai bahwa media sosial merupakan marketing dalam personal branding yang mempresentasikan diri dan menjadi first impression orang lain dalam menilai seseorang.

Ada pun, cara untuk membangun personal branding yang baik di media sosial diantaranya adalah tampilkan kepribadian diri yang sebenarnya. Lalu, ketika memakai media Instagram sebagai sarana personal branding, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti foto profil, username, nama asli yang singkat, padat, dan jelas, kategori akun, dan bio yang informatif. Kontak bisnis juga perlu dicantumkan dalam Instagram. Ketika hendak mengunggah konten di Instagram, tentukan tema feed yang seperti apa, dan tampilkan hal-hal yang yang menjadi ketertarikan pribadi.

Dalam bermedia sosial, terdapat beberapa peraturan yang perlu diperhatikan untuk membangun personal branding yang baik. Beberapa diantaranya adalah sopan, jaga informasi yang sifatnya rahasia, sebarkan konten yang positif, dan balas komentar dengan cara yang baik dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Hindari pula hate speech, hate comment, dan cyber bullying meskipun hanya bercanda. Fokus pada tujuan dalam bermedia sosial juga penting untuk diperhatikan.

Selain itu, Citra juga berpesan agar tidak perlu mempedulikan pembenci yang ada.
“Jangan pedulikan haters, karena kita tidak bisa mengendalikan respon orang lain, tapi kita bisa mengendalikan respon kita terhadap orang lain,” terang Citra.

Citra juga menganggap bahwa personal branding harus dilakukan secara konsisten.
“Saat ngepost sesuatu, pastikan this is not to impress but to express. Jangan ragu untuk menunjukkan personal branding kita, karena personal branding itu adalah sesuatu yang harus dilakukan secara konsisten,” jelas Citra.

Erviana Intan Rasari selaku Ketua Himadan UNS yang juga turut serta dalam acara ini mengaku menjadi lebih percaya diri dalam mengekspresikan diri di media sosial.
“Jadi lebih percaya diri untuk mengekspresikan diri di sosial media,” kata Intan. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply