PSM Voca Erudita UNS Raih 5 Penghargaan di Ajang 9th Satya Dharma Gita Choir Festival 2023

PSM Voca Erudita UNS Raih 5 Penghargaan di Ajang 9th Satya Dharma Gita Choir Festival 2023

UNS — Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menorehkan prestasi di ajang 9th Satya Dharma Gita Choir Festival 2023. Kompetisi tersebut diselenggarakan pada tanggal 4 hingga 9 September 2023 kemarin di Semarang, Jawa Tengah.

Ketua PSM Voca Erudita UNS, Lidwina Prisca mengatakan, 9th Satya Dharma Gita Choir Festival merupakan kompetisi yang rutin diselenggarakan oleh Paduan Suara Fakultas Hukum (FH) Universitas Diponegoro (Undip). Kompetisi tersebut merupakan ajang perlombaan paduan suara dan solo vocal yang mendatangkan juri dari mancanegara, antara lain Josu Elberdin dari Spanyol, Hyonah Song dari Korea Selatan, dan Mark Anthony dari Filipina.

“Juri kompetisi ini merupakan expert di bidang paduan suara dan terbukti telah mendapatkan banyak apresiasi global. Voca Erudita menjadi salah satu paduan suara yang berkesempatan untuk berpartisipasi dalam ajang tersebut bersama dengan 56 paduan suara lain dari seluruh Indonesia yang telah lolos dalam beberapa tahap seleksi,” terang Lidwina Prisca kepada uns.ac.id, Senin (11/9/2023).

Voca Erudita didampingi oleh Dr. Guntur Riyanto, M.Si., Dr.Eng. Ir. Pringgo Widyo Laksono, IPM., beberapa official, dan dipimpin oleh 2 conductor yaitu Ardian Dika Adhyatma dan Agata Martha Wardani. Dengan tim yang terdiri atas 60 penyanyi dimana terdapat 40 penyanyi dalam setiap kategori, Voca Erudita berhasil memperoleh 5 penghargaan dalam kompetisi 9th Satya Dharma Gita Choir Festival.

Voca Erudita mengikuti 3 dari 7 kategori yang diselenggarakan dalam kompetisi ini, yaitu kategori Mixed Choir Category, Music of Religion Category, dan Folksong Category. Dari ketiga kategori tersebut, Voca Erudita berhasil memperoleh gelar Champion of Mixed Choir Category, Champion of Music of Religion Category, dan Champion of Folksong Category.

Tidak hanya menjadi pemenang dalam setiap kategori yang diikuti, Voca Erudita juga berhasil memperoleh penghargaan lain yaitu Best Conductor kepada Agata Martha Wardani dan menjadi Grand Champion of 9th Satya Dharma Gita Choir Festival.

“Kami dari Voca Erudita mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan dari berbagai pihak sehingga Voca Erudita dapat mengharumkan nama UNS dan kota Solo,” pungkas Lidwina Prisca. HUMAS UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Skip to content