Pusat Bahasa Mandarin UNS Gelar Perayaan Imlek 2022

Pusat Bahasa Mandarin UNS Gelar Perayaan Imlek 2022

UNS — Pusat Bahasa Mandarin (PBM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar puncak perayaan Imlek 2022. Kegiatan tersebut berlangsung di Hartono Mall pada Selasa (1/2/2022). Dalam acara puncak tersebut, diumumkan seluruh pemenang lomba yang telah digelar serta penampilan barongsai dan kesenian Tiongkok.

Acara perayaan Imlek tersebut turut dihadiri oleh Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Sajidan; Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS, Prof. Warto; dan Kepala PBM UNS, Stephanie Phanata, B.Ed., M.TCSOL.

Prof. Sajidan menyampaikan bahwa perayaan tahun baru Imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh  tanggal ke-15 (saat bulan purnama).

Pusat Bahasa Mandarin UNS Gelar Perayaan Imlek 2022

“Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan tahun baru Imlek dan festival lampion sangat beragam. Namun, semuanya itu tergabung dalam kegiatan umum seperti jamuan makan malam pada malam tahun baru serta penyulutan kembang api,” kata Prof. Sajidan.

Ia menambahkan bahwa salah satu misi dari PBM UNS adalah menyelenggarakan kegiatan promosi budaya Tiongkok. Hal tersebut diwujudkan dengan berbagai kegiatan, seperti lomba menulis kaligrafi Tiongkok, lomba fotogenik Sinyo-Nonik, talkshow, mengambil angpao di pohon sakura, penampilan kesenian Tiongkok  dan pertunjukan Barongsai.

Pusat Bahasa Mandarin UNS Gelar Perayaan Imlek 2022

“Harapannya melalui kegiatan Imlek yang bertema ‘Bertumpu pada Semangat Kebhinekaan dalam Keberagaman Budaya Indonesia’ ini, kita dapat menyongsong Tahun Baru Macan Air 2022 dengan penuh kebahagiaan,” imbuh Prof. Sajidan.

Sementara itu, Stephanie Phanata, B.Ed., M.TCSOL. juga berharap agar tahun baru Imlek ini dapat mendatangkan kebahagiaan bagi siapa saja.

Xīnnián kuàilè, selamat tahun baru Imlek 2022,” ucap Stephanie. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content