Rektor UNS Sampaikan Tips Lolos UTBK SBMPTN 2022

Rektor UNS Sampaikan Tips Lolos UTBK SBMPTN 2022

UNS — Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dibuka pada 23 Maret 2022 mendatang. SBMPTN 2022 akan dilaksanakan dengan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Tentunya supaya berpeluang lolos UTBK SBMPTN 2022 harus ditempuh dengan persiapan yang matang.

“Siap menghadapi UTBK SBMPTN 2022 ditandai dengan usaha, kerja keras, dan tidak boleh malas saat belajar. Senantiasa membandingkan kemampuan diri sendiri. Apakah ada kemajuan atau tidak setiap harinya,” ungkap Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum., di sela-sela menjadi narasumber dalam kegiatan Parade Tanya Master Kampus yang digelar Ngampus Bareng, Minggu (6/3/2022).

Prof. Jamal menambahkan, tingkat keketatan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selalu tinggi dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Maka, kuncinya ada pada persiapan yang baik dan matang.

Rektor UNS Sampaikan Tips Lolos UTBK SBMPTN 2022

Pada acara tersebut, Prof. Jamal turut membeberkan tips menghadapi UTBK SBMPTN 2022. Adapun tips sebagaimana yang diungkapkan Prof. Jamal, mengenali minat dan kompetensi diri, menggali PTN dan Program Studi (Prodi) beserta daya tampungnya melalui website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), serta melakukan simulasi atau tryout juga perbanyak latihan soal mandiri.

“Siapa yang tidak siap, berpeluang akan kalah lebih besar. Dengan demikian,  siapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi SBMPTN 2022 melalui jalur UTBK. Siapkan juga mental dan religi dengan baik. Senantiasa berdoa dan berusaha yang keras. Pilihlah Prodi yang cocok dan sesuai dengan kemampuan. Jangan mudah terbujuk rayu atau tergoda oleh orang lain. Saya doakan kalian sukses melalui jalur UTBK SBMPTN 2022,” pungkas Prof. Jamal. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content