UNS — Asosiasi Pendidik Seni Indonesia (APSI) melantik pengurus APSI Wilayah Solo Raya untuk masa bakti 2021 – 2024 pada Rabu sore (20/10/2021). Pelantikan tersebut dilaksanakan secara daring, yakni melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Sebagai Ketua Umum APSI Pusat, AM. Susilo Pradoko, S.Si melantik sejumlah nama yang bakal menjadi pengurus APSI wilayah Solo Raya masa bakti 2021 – 2024. Mereka di antaranya Drs. H. Juliyatmono, MM dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Dewan Pembina, Prof. Dr. Slamet Subiantoro, M.Si sebagai Ketua, Dr. Deni Triardiyanto, M.A sebagai Sekretaris, Dr. Sarwono, M.Sn dan Sri Kustati S.Pd sebagai Bendahara, serta sejumlah nama lainnya.

APSI Wilayah Solo Raya merupakan wadah bagi para penyangga pendidikan di wilayah Solo Raya yang meliputi Kota Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Wonogiri, dan Klaten. Para penyangga pendidikan tersebut berasal dari beberapa lembaga pendidikan di Solo Raya, seperti Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta khususnya Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang di dalamnya terdapat Program Studi (Prodi) Pendidikan Seni Rupa.

Tak hanya UNS, lembaga pendidikan lainnya yang juga turut tergabung dalam APSI Wilayah Solo Raya, di antaranya Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Akademi Seni Desain Indonesia, Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) baik jurusan pertunjukan maupun seni rupa. Melalui APSI Wilayah Solo Raya, para penyangga pendidikan tersebut berkomitmen untuk merevitalisasi seni budaya dengan mengembangkan metode penciptaan maupun kajian sehingga Kota Solo dapat menjadi pusat taman seni budaya. Tujuan tersebut selaras dengan kekuatan historis Kota Solo Raya.

“Solo secara historis, sosiologis, dan antropologis tidak bisa dipungkiri sebagai wilayah kekuatan seni budaya yang bisa menjadi kekuatan dan juga kebanggaan kita bersama baik dalam sektor skala regional, nasional, maupun internasional,” tutur Prof. Slamet Subiantoro.

Sementara itu, dukungan kuat juga mengalir dari APSI Pusat. Melalui keterangan yang disampaikan oleh Susilo Pradoko, diketahui bahwa APSI Pusat sangat mendukung seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh APSI Wilayah Solo Raya. Dukungan yang sama juga mengalir dari Dewan Pembina APSI, yakni Prof. Dr. Tri Hartiti Retnowati. Ia mengajak seluruh pengurus APSI Wilayah Solo Raya untuk ikut melakukan kajian di bidang pendidikan seni yang meliputi seni rupa, seni tari, seni musik, seni teater, dan lain-lain.

“APSI Solo menjadi jembatan bagi pendidikan seni yang digariskan di pusat sehingga nanti akan terlaksana di daerah menjadi suatu hal baik,” kata Prof. Tri Hartiti.

Resmi Dilantik, Pengurus APSI Wilayah Solo Raya Masa Bakti 2021 – 2024 Siap Beri Kontribusi

Prof. Tri Hartiti juga berharap agar APSI Wilayah Solo Raya bisa memberikan kontribusi bagi pusat dan daerah. Komitmen untuk berkontribusi juga disampaikan oleh Prof. Slamet Subiantoro sebagai Ketua APSI Wilayah Solo Raya 2021 – 2024.

“APSI di Solo nanti tidak saja sebagai ajang silaturahmi untuk sesama para pendidik, pecinta, dan pejuang pendidikan seni, tetapi juga sebagai wadah atau taman yang representatif bagi ekspresi seni yang edukatif untuk semua cabang seni. Dan terutama juga untuk meningkatkan prestasi anak bangsa melalui kegiatan seni baik secara proses maupun produknya. Dan tentunya tujuan besar kita adalah sebagai perekat bangsa, modal sosial kita untuk bisa mempersatukan bangsa kita,” pungkas Prof. Slamet Subiantoro. Humas UNS

Reporter: Alinda Hardiantoro
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Segera Buka Kampus Baru di Jakarta, inilah Prodi yang Dipersiapkan UNS

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terus memperluas jaringan kampus cabangnya di...

Bangun Personal Branding di Era Digital, Himasos FISIP UNS Gelar Webinar Nasional

UNS --- Kemampuan menulis yang diikuti dengan kemampuan mendesain menjadi bekal yang menguntungkan...

UNS Berangkatkan Satgas Bencana Semeru, ini Misi yang Dibawa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberangkatkan Satuan Tugas (Satgas) Bencana...

Sah, Dirut PT. Hutama Karya Kembali Terpilih sebagai Ketum IKA UNS

UNS --- Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. kembali terpilih sebagai...

Buka Munas V IKA UNS, Rektor UNS: Banggalah jadi Alumni UNS

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Jamal Wiwoho membuka...

Beri Kuliah Umum di FH UNS, Hakim MK: Jangan Pernah Perjualbelikan Hukum

UNS --- Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) RI Prof. Arief Hidayat mewanti-wanti mahasiswa Fakultas...

Kepala Desa Tawangsari, Karanganyar Raih Piala Bergilir MK dalam Lomba Pidato Konstitusi Lurah di UNS

UNS --- Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya di Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya Resmi Ditutup

UNS --- Gelaran Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya yang diinisiasi oleh...

Bahas Kebijakan Fiskal dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, FEB UNS Gelar Webinar

UNS --- Fakultasi Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...

Tim PHP2D FEB UNS dan PKK Desa Gondosuli, Tawangmangu Kreasikan Wortel Jadi Aneka Makanan

UNS --- Wortel merupakan salah satu potensi alam yang dimiliki oleh Desa Gondosuli, Kecamatan...