UNS — Sebagai upaya membekali calon wisudawan dalam memasuki dunia kerja, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan webinar persiapan kerja. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (21/10/2021) ini ditujukan bagi calon wisudawan periode Oktober dan mahasiswa tingkat akhir.

FMIPA UNS menghadirkan tiga orang pembicara yang berkompeten pada bidang masing-masing. Mereka adalah Rosalina Nugraheni, M.Psi, founder dan CEO Naraya Colsulting.  Naraya Colsulting merupakan sebuah lembaga yang bergerak pada konsultan Human Resource yang sering mengadakan sesi-sesi mengenai topik karier, psikologi, kesadaran, healing, dan kewirausahaan.

Rosalina menyinggung tentang gap antara dunia kerja dan dunia usaha. Ia membagikan tips bagaimana menulis dan membuat Curriculum Vitae (CV) yang baik. Ia mengatakan bahwa membuat CV tidak perlu panjang dan bertele-tele karena tidak efektif. CV yang baik adalah yang padat dan informatif.

“Pastikan menulis data di CV sesuai data yang sebenarnya, terutama terkait dengan data kompetensi, keterampilan dan pengalaman,” ujar Rosalina.

Selanjutnya Rosalina mengibaratkan proses pencarian kerja seperti perang sehingga harus dipersiapknan segala sesuatunya agar dapat memenangkan peperangan secara elegan. Beberapa di antaranya adalah persiapan materi, memilih medan perang, dan bertarung dengan gagah berani sehingga meraih kemenangan (diterima kerja).

Pembicara kedua, Catur Sugiyarto, Ph.D., dosen sekaligus praktisi dunia usaha. Catur yang saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Star Up dan Inkubasi UNS membagikan kiat sukses di dunia usaha. Ia mengatakan bahwa jika usaha ingin berhasil secara maksimal dan sukses, maka  harus dirawat dan fokus. Kemudian, hal yang tidak kalah penting adalah konsisten menjalankan bisnis plan yang sudah dibuat.

Catur mengatakan bahwa saat ini UNS memilki program Sebelas Maret Starup Academy (SEMESTA) yang merupakan rangkaian pengembangan ekosistem hilirisasi dan kewirausahaan UNS.

“Program semesta ini dimulai dengan pra-inkubasi berupa pengembangan ekosistem starup dan pelaksanaan skema hibah pengembangan produk inovasi, sehingga cocok bagi mahassiwa yang sedang memulai atau mengembangkan bisnisnya,” jelas Catur.

Bekali Calon Wisudawan, FMIPA UNS Mengadakan Webinar Persiapan Kerja

Sementara itu, Moh Abdul Hakim, Ph.D sebagai pembicara ketiga berbagi tentang seluk-beluk Tes Potensi Skolastik (TPS). Tes Potensi Skolastik atau tes psikologi, menurut Abdul Hakim adalah sekumpulan kecil sampel perilaku yang diharapkan dapat menggambarkan sekumpulan besar perilaku yang menggambarkan kualitas tertentu dari seorang individu.

“Tipe-tipe tes psikologi diantaranya adalah tes abilitas dan tes kepribadian. Tes abilitas digunakan untuk mengukur keterampilan, mencakup kecepatan, akurasi atau keduanya. Sementara tes kepribadian digunakan untuk mengukur perilaku tipikal, watak, temperamen dan disposisi,” tuturnya.

Dekan FMIPA, Drs. Harjana, Ph.D dalam sambutannya berharap kegiatan ini bisa menjadi bekal bagi lulusan dan mahasiswa tingkat akhir dalam memasuki dunia kerja.
“Kami berharap, acara ini bisa menjadi bekal bagi lulusan dalam memasuki dunia kerja, maupun melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi,” harap Dekan FMIPA UNS. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Segera Buka Kampus Baru di Jakarta, inilah Prodi yang Dipersiapkan UNS

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terus memperluas jaringan kampus cabangnya di...

Bangun Personal Branding di Era Digital, Himasos FISIP UNS Gelar Webinar Nasional

UNS --- Kemampuan menulis yang diikuti dengan kemampuan mendesain menjadi bekal yang menguntungkan...

UNS Berangkatkan Satgas Bencana Semeru, ini Misi yang Dibawa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberangkatkan Satuan Tugas (Satgas) Bencana...

Sah, Dirut PT. Hutama Karya Kembali Terpilih sebagai Ketum IKA UNS

UNS --- Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. kembali terpilih sebagai...

Buka Munas V IKA UNS, Rektor UNS: Banggalah jadi Alumni UNS

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Jamal Wiwoho membuka...

Beri Kuliah Umum di FH UNS, Hakim MK: Jangan Pernah Perjualbelikan Hukum

UNS --- Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) RI Prof. Arief Hidayat mewanti-wanti mahasiswa Fakultas...

Kepala Desa Tawangsari, Karanganyar Raih Piala Bergilir MK dalam Lomba Pidato Konstitusi Lurah di UNS

UNS --- Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya di Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya Resmi Ditutup

UNS --- Gelaran Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya yang diinisiasi oleh...

Bahas Kebijakan Fiskal dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, FEB UNS Gelar Webinar

UNS --- Fakultasi Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...

Tim PHP2D FEB UNS dan PKK Desa Gondosuli, Tawangmangu Kreasikan Wortel Jadi Aneka Makanan

UNS --- Wortel merupakan salah satu potensi alam yang dimiliki oleh Desa Gondosuli, Kecamatan...