Berita Terkini

Sebanyak 90 Maba PPDS FK UNS Dilantik

By 7 February 2020 No Comments
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

UNS-Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyambut Mahasiswa Baru (Maba) Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) pada Jumat (7/2/2020) di Ruang Sidang II, Gedung Rektorat dr. Prakosa UNS. Sebanyak 90 Maba PPDS ini dilantik oleh Rektor UNS yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Ahmad Yunus. Dari 90 Maba tersebut, satu diantaranya merupakan mahasiswa program spesialis adaptasi lulusan luar negri.

Sekretaris Eksekutif Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Prof. Hadi Wiyono mengatakan, UNS pada tahun ini membuka 14 Program Studi (Prodi) pendidikan dokter spesialis. Terdapat 357 pendaftar yang mengikuti seleksi.

“Beberapa Prodi yang dibuka oleh UNS adalah Anestesiologi dan Reanimasi, Ilmu Bedah dan Ilmu Kesehatan Anak. Proses seleksi masuk dilakukan dalam dua tahap untuk sampai akhirnya pendaftar bisa lolos dan diterima. Maba angkatan ini akan mulai melaksanakan kegiatan belajar pada bulan Febuari 2020,” terang Prof. Hadi Wiyono.

Sedangkan, Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus mengucapkan selamat kepada para pendaftar yang diterima menjadi Maba PPDS FK UNS.

“Kami titipkan mahasiswa baru kepada para dekan dan jajarannya supaya bisa menimba ilmu dengan baik dan nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan Internasional,” tutur Prof. Yunus.

Setelah itu dilakukan penyerahan Maba PPDS secara simbolis oleh Prof. Yunus kepada Dekan FK UNS, Dr. Reviono, dr., Sp.P (K). Sementara itu, Dr. Reviono menyampaikan kepada Maba PPDS supaya bisa segera beradaptasi di UNS. Ini disampaikan mengingat menempuh pendidikan spesialis tidaklah mudah. Berbeda dengan proses pembelajaran kuliah karena program ini menuntut hasil profesi, sehingga akan sering melakukan praktik di lapangan. UNS sendiri telah memiliki Rumah Sakit Pendidikan yang mendukung program ini.

“Karena Maba PPDS ini berasal dari berbagai wilayah di Indonesia tentunya memiliki kebiasaan-kebiasaan yang berbeda. Semoga segera beradaptasi,” pesan Dr. Reviono. Humas UNS/ Ratri

Leave a Reply