Serah Terima Mahasiswa Baru, Rektor UNS: Siapkan Diri untuk Indonesia Emas 2045!

PKKMB UNS 2017 Menuju Indonesia Emas 2045

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar upacara penyerahan mahasiswa baru di halaman Kantor Pusat dr. Prakosa, Senin (14/8/2017). Upacara yang dipimpin oleh rektor UNS Ravik Karsidi tersebut dihadiri oleh 8.937 mahasiswa baru yang diterima UNS di tahun akademik 2017/2018 ini.

Selain itu, turut hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani untuk menyampaikan kuliah umum yang merupakan rangkaian acara Program Kenal Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2017 yang diadakan oleh BEM UNS.

PKKMB UNS 2017 - Amanat Rektor UNS dibacakan didalam pembukaan PKKMB UNS 2017
Amanat Rektor UNS dibacakan didalam pembukaan PKKMB UNS 2017

Dalam laporannya, Sutarno selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNS menyatakan bahwa tahun ini UNS menerima mahasiswa baru dari berbagai jalur yakni jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri, Seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan, dan Ujian Tulis Mandiri. Selain itu, terdapat pula jalur ADIK Papua, Afirmasi 3T dan jalur mahasiswa internasional.

“Tahun akademik 2017/2018, UNS menerima 1.867 mahasiswa dari program Diploma, 5.923 mahasiswa program Sarjana, 1.147 mahasiswa program Pascasarjana. Sebanyak 21 diantaranya adalah mahasiswa asing yang diseleksi oleh International Office UNS,” jelasnya.

PKKMB UNS 2017 - Rektor UNS menyematkan pin pada perwakilan mahasiswa baru
Rektor UNS menyematkan pin pada perwakilan mahasiswa baru

Lebih lanjut, Ravik Karsidi juga menyampaikan selamat datang bagi seluruh mahasiswa baru UNS. Ia menyampaikan harapannya agar mahasiswa yang merupakan generai millennial tersebut dapat berkontribusi bagi bangsa dan negara.

“Anda harus berpikir kritis dan berbuat konstruktif untuk bangsa dan negara sebagai persiapan dalam menyongsong era globalisasi. Siapkan komeptensi diri sesuai tantangan global untuk mempersiapkan Indonesia Emas di tahun 2045,” tutupnya. humas-red.uns/Dty

Skip to content