UNS — Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sukses raih akreditasi predikat unggul. Hal ini mulai berlaku sejak ditetapkan 30 Mei 2022 hingga 31 Maret 2025. Akreditasi tersebut dikeluarkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan (LAM Teknik), Badan Tetap Akreditasi Pendidikan Keteknikan, Persatuan Insinyur Indonesia.

Melansir dari ft.uns.ac.id, proses penilaian akreditasi melalui rekognisi atau penyetaraan setelah Teknik Sipil UNS mendapatkan General accreditation dari Indonesian Accreditation Board for Engineering (IABEE). Teknik Sipil UNS kemudian mengajukan penilaian akreditasi LAM Teknik melalui proses rekognisi. Teknik Sipil UNS mengajukan permohonan penyetaraan akreditasi IABEE setara dengan Akreditasi Unggul LAM Teknik melalui Aplikasi Sistem Akreditasi Teknik Indonesia (SAKTI).

Pengajuan rekognisi ini dilakukan oleh Kepala Unit Penjaminan Mutu (UPM) FT UNS dengan menyertakan bukti sertifikat akreditasi IABEE dan dokumen pendukung yang dipersyaratkan. Perkembangan proses penyetaraan akreditasi ini selanjutnya dipantau melalui aplikasi SAKTI.

Kepala Program Studi Teknik Sipil FT UNS, Dr. Niken Silmi Surjandari, S.T., M.T. menjelaskan persiapan yang dilakukan oleh Teknik Sipil UNS dalam penilaian akreditasi ini. Proses persiapan akreditasi IABEE dilakukan dengan membentuk tim ad hoc. Tim ini terdiri dari beberapa dosen yang menjadi Person In Charge (PIC).  Tugas mereka adalah untuk mempersiapkan dokumen dan bukti-bukti Laporan Evaluasi Diri (LED).

Tim Ad Hoc memulai proses ini dengan mempelajari bersama dokumen akreditasi IABEE dan mengundang narasumber dari lembaga akreditasi IABEE. Dibantu oleh pengembang dari Prodi Teknik Elektro FT UNS, Tim ad hoc juga membangun aplikasi basis data dan proses pendidikan berbasis luaran untuk mendukung penyediaan bukti-bukti akreditasi. Semua proses ini dijalani selama kurang lebih 1 tahun.

Setelah terakreditasi General oleh IABEE, proses penyetaraan akreditasi Unggul LAM Teknik tidak dibutuhkan persiapan khusus. Teknik Sipil UNS menyerahkan pengajuan penyetaraan akreditasi ini kepada Kepala UPM FT UNS.

“Sebagai Kepala Program Studi, saya merasa bersyukur dengan pencapaian akreditasi unggul LAM Teknik oleh Program Studi Teknik Sipil. Sekaligus disisi lain, ini menuntut perbaikan kinerja yang lebih baik dari saya selaku Kaprodi dan juga seluruh sivitas akademika Prodi Teknik Sipil, “ ujar Dr. Niken.

Akreditasi Unggul dari LAM Teknik ini pertama kali diperoleh oleh Teknik Sipil UNS. Ini dikarenakan LAM Teknik sendiri baru diluncurkan secara simbolis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada Agustus 2021 lalu.

Dr. Niken berharap, keberjalanan Prodi Teknik Sipil UNS dapat selaras dengan pengakuan yang sudah diperoleh. Para dosen beserta seluruh sivitas akademika Teknik UNS dapat menjalankan ini sebagai suatu kebiasaan, bukan semata-mata karena tuntutan akreditasi. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor UNS Lakukan Kunjungan Kerja ke UPI dan Unpad

UNS --- Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

UKM Pramuka UNS, di Balik Pasukan Pengibar Bendera Upacara Kemerdekaan RI

UNS --- Disiplin, berani, dan setia. Itulah salah satu isi Dasa Darma Pramuka yang senantiasa...

Perluas Jejaring Internasional, UNS Jalin Kerja Sama dengan The University of Newcastle, Australia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama internasional dengan The...

UPT KLI UNS Gelar Workshop Pendampingan Persiapan Studi Lanjut ke Amerika Serikat

UNS --- UPT Kerja Sama dan Layanan International (KLI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dekan FH UNS Terpilih sebagai Ketua BKS FH-PTN Wilayah Tengah

UNS --- Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. I Gusti Ayu...

Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Lomba Debat Nasional

UNS --- Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Pengalaman Mahasiswa UNS Mengajar BIPA di Negeri Gajah Putih

UNS --- Aldi Dwi Saputra, mahasiswa Jenjang S-2 Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia...

UNS Canangkan Kerja Sama dengan Kansas State University

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mencanangkan kerja sama dengan Kansas State...

Peringati HUT ke-6, RS UNS Berikan Layanan Unggulan

UNS --- Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tepat berusia 6 tahun pada Rabu...

Kebut MBKM, FMIPA UNS Jalin Kerja Sama dengan BPS Boyolali dan Karanganyar

UNS --- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS)...