UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar prosesi wisuda menyambut era New Normal dengan cara yang unik. Dalam prosesi wisuda periode III, Sabtu (27/6/2020), UNS menggelar ‘Wisuda Luring dan Daring’ secara drive thru dengan menggunakan transportasi ramah lingkungan.

Pada wisuda Luring, sebanyak 15 lulusan cumlaude diwisuda oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho. Mereka dipilih untuk mewakili rekan-rekannya yang mengikuti jalannya wisuda melalui siaran langsung YouTube UNS.

Sembari mengenakan toga wisuda, lulusan cumlaude UNS mengendarai tranportasi ramah lingkungan, seperti becak, andong, sepeda, motor elektrik, dan mobil elektrik yang menggunakan baterai lithium buatan Pusat Unggulan Ipteks (PUI) UNS.

Transportasi yang mereka kendarai secara beriringan berhenti di depan Gedung dr. Prakosa UNS untuk menunggu Prof. Jamal menyampirkan kucir toga wisuda. Selanjutnya, Prof. Jamal beserta Ketua Senat UNS, Prof. Adi Sulistiyono, kembali ke Gedung Auditorium G. P. H. Haryo Mataram untuk mengikuti prosesi pembacaan nama-nama wisudawan.

Dalam sambutannya, Prof. Jamal mengatakan penyelenggaraan wisuda periode III kali ini merupakan bentuk pengimplementasian physical distancing dan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Berhubung sampai saat ini perkembangan penyebaran wabah Covid-19 di hampir seluruh daerah di Indonesia masih relatif cukup tinggi, sehingga menuntut kita masih harus menerapkan physical distancing dan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan, maka upacara perhelatan wisuda UNS periode llI kali ini pun tetap dilaksanakan secara Luring dan Daring, dan dilengkapi sentuhan kreatifitas unik dengan konsep drive thru,” ujar Prof. Jamal.

Meski Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19, Prof. Jamal mengharapkan lulusan UNS dapat menyesuaikan diri dengan menciptakan gaya hidup baru dan menyesuaikan diri.

“Saya masih percaya dan yakin bahwa dalam suasana pandemi ini, kalian sebagai generasi muda memiliki kapasitas, kemampuan beradaptasi dan menciptakan lingkungan baru yang kondusif dan menyesuaikan diri dalam situasi apa pun, termasuk dalam menerapkan pola kehidupan yang baru untuk menghindari dampak buruk pandemi Covid-19 secara berkelanjutan,” lanjut Prof. Jamal.

Poin penting lainnya yang disampaikan Prof. Jamal adalah cara membudayakan pemikiran yang kritis. Baginya, dimasa krisis seperti yang terjadi saat ini kecerdasan sangat dibutuhkan agar dapat beradaptasi di tengah pandemi Covid-19. Kemampuan adaptasi seseorang disebut Prof. Jamal mampu dikembangkan menjadi kebiasaan baru agar dapat memandang kehidupan dengan cara yang lebih realistis.

Dalam laporannya, Wakil Rektor bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus mengatakan UNS mewisuda 329 wisudawan pada Program Doktor, Magister, Pendidikan Dokter Spesialis, Sarjana, dan Diploma. Jumlah tersebut terdiri atas lulusan Program Doktor sebanyak 8 wisudawan, Program Magister sebanyak 60 wisudawan, lulusan Program Pendidikan Dokter Spesialis sebanyak 12 wisudawan, lulusan Program Sarjana sebanyak 229 wisudawan, dan lulusan Program Diploma III sebanyak 20 wisudawan. Dari jumlah tersebut, UNS turut mewisuda 131 wisudawan yang lulus dengan predikat cumlaude atau dengan pujian. Pada penyelenggaraan wisuda kali ini, turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD. Humas UNS/Yefta/Dwi

Suka dengan artikel ini?

UNS Tanda Tangani Nota Kesepahaman dengan MASTEL

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani nota kesepahaman dengan...

Tidak Mau Tinggal Diam, IKA UNS Terus Salurkan Bantuan kepada Masyarakat Selama Pandemi

UNS --- Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak henti-hentinya...

Lakukan Pendampingan ABK Saat Isolasi Mandiri? Simak Penjelasan Dokter Anak RS UNS Ini

UNS --- Berkesempatan menjadi pemateri dalam acara Webinar Pendampingan Anak dengan Disabilitas di...

Pendaftaran S2 dan S3 Pascasarjana UNS Periode I Gelombang ke-2 Masih Dibuka

UNS --- Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta masih membuka pendaftaran...

Kine Klub FISIP UNS Selenggarakan Pemutaran Kecil

UNS --- Kine Klub Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Wedangan IKA UNS: Ketua OJK Bicara Tekad Pemerintah Wujudkan Herd Immunity

UNS --- Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI Prof. Wimboh Santoso...

PSB UNS Selenggarakan Diskusi Online Terkait Manajemen Logistik Kebencanaan

UNS --- Pusat Studi Bencana (PSB) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas...

Jubir Satgas Covid-19 RS UNS: Indonesia Ada di Gelombang Ketiga Covid-19

UNS --- Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas...

CT Value Menunjukkan Tingkat Keparahan Covid-19? Inilah Jawaban Dokter Spesialis Patologi Klinis RS UNS

UNS --- Tes Polymerase Chain Reaction (PCR) merupakan cara yang dinilai paling akurat untuk...

Usung Kerajinan Line Art dari Limbah Kain Perca Batik, Mahasiswa UNS Raih Juara 3 Lomba Esai Nasional

UNS --- Prestasi membanggakan kembali hadir dari mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...