Berita Terkini

Wakil Rektor IV UNS Ajak Alumni Tingkatkan Posisi UNS

By 27 June 2020 No Comments
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

UNS – Wakil Rektor Bidang IV, Perencanaan dan Kerja sama Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ajak Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS untuk meningkatkan posisi UNS ditingkat nasional maupun internasional. Hal tersebut disampaikan pada agenda rutin Wedangan Alumni yang rutin diadakan oleh IKA. Prof. Sajidan memberikan gambaran posisi UNS saat ini di tingkat nasional dan internasional.

Menurut Webometrics, UNS berada pada urutan ke-5 di Indonesia dan 1334 di dunia. Kemudian pemeringkataan berdasarkan UI Green Metric, UNS menduduki peringkat 7 nasional dan 96 di tingkat internasional. Meskipun mengalami penurunan urutan menurut 4ICU, saat ini UNS telah berhasil masuk menjadi bagian klaster 1 menurut Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sedangkan pada QS World University Ranking, UNS menempati posisi 451-500 untuk Asia dan diatas 1.000 untuk tingkat dunia.

Saat ini UNS terus berusaha untuk meningkatan ranking UNS baik di tingkat nasional maupun internasional. Terutama pada peringkat UNS yang telah masuk posisi 10 besar nasional. Pemeringkatan Webometrics misalnya, salah satu yang menjadi penilaian dalam pemeringkatan ini adalah jumlah sitasi, backlink, paper, dan sebagainya.

“Jadi teman-teman alumni yang sekarang bekerja di media massa, di media baik di dalam maupun luar negeri ketika memberikan berita mohon mengutip sumbernya dari uns.ac.id,” tutur Prof. Sajidan.

Kemudian terkait dengan sitasi, diharapkan alumni juga bisa turut menyebarluaskan karya yang telah dibuat oleh mahasiswa maupun dosen UNS sebagai referensi masyarakat. Terkait dengan penulisan paper, alumni bisa melakukan kolaborasi dengan universitas atau lembaga diluar UNS untuk melakukan riset dan publikasi paper dengan mencantumkan Universitas Sebelas Maret.

Prof. Sajidan turut mengajak alumni untuk berkontribusi secara langsung dengan cara bergabung menjadi tenaga pendidik di UNS. Hal tersebut tentu memiliki manfaat yang tidak saja pada pemeringkatan tetapi juga kualitas mahasiswa karena bisa bertemu dan berdialog secara langsung bersama dengan alumni-alumni UNS.

Dari sisi lain, Irwan Trinugroho Ph.D sebagai kepala Internasional Office UNS juga menyampaikan dua poin penting yang bisa dilakukan oleh alumni terkait dengan academic reputation dan employer reputation. Peran alumni UNS sangat dibutuhkan baik di dalam negeri maupun yang berada diluar negeri mempunyai impact sangat tinggi ketika memilih UNS sebagai TOP Universities. Humas UNS/Ratri

Leave a Reply