Berita Terkini

UNS Adakan Seleksi Perwakilan KDMI

By 20 July 2020 No Comments

UNS – Dalam rangka mempersiapkan perwakilan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat regional, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan seleksi terbuka bagi seluruh mahasiswa UNS yang berlangsung selama tiga hari mulai Jumat (17/7/2020) hingga Minggu (19/7/2020). Acara seleksi dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof. Kuncoro Diharjo mengatakan, kompetisi ini menggunakan sistem Asian Parliamentary System dimana setiap tim terdiri dari tiga pembicara. Kemudian setiap debat terdiri dari dua tim yang bertanding yakni tim pemerintah yang setuju terhadap mosi debat dan tim oposisi yang menolak mosi perdebatan. Sebanyak 17 tim turut serta dalam seleksi internal kampus yang terdiri dari tim perwakilan fakultas maupun independen dari lintas fakultas. Kali ini, nama-nama tim yang mengikuti pertandingan diambil dari nama-nama jalan di Indonesia seperti Asia Afrika, Perintis Kemerdekaan, Kenanga, dan Agung Timur.

Pada hari pertama dilakukan debat antar tim untuk menentukan delapan tim yang lolos pada babak perempat final. Dari hasil seleksi didapatkan hasil bahwa delapan tim yang berhak maju ke babak perempat final adalah tim dari Jalan Kenanga, Perintis Kemerdekaan, Agung Timur, Sisingamaraja, Gajah Mada, Asia Afrika, Ir. Soetami, dan Olahraga. Kedelapan tim tersebut pada hari ketiga melakukan debat untuk dapat masuk ke dalam babak semi final.

Setelah diskusi antar juri dan perdebatan yang berlangsung pada hari kedua yakni pada Sabtu (18/7/2020) didapatkan hasil empat tim yang berhasil lolos ke babak semi final. Keempat tim tersebut dua diantaranya berasal dari tim independen yakni tim Jalan Kenanga dan Jalan Agung Timur, sementara 2 lainnya adalah tim perwakilan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yakni tim Jalan Perintis Kemerdekaan dan dari Fakultas Teknik (FT) yakni tim Jalan Asia Afrika.

Pada Minggu (19/7/2020) atau hari terakhir berlangsungnya seleksi KDMI, dilaksanakan dua babak sekaligus yakni babak semi final pada pagi hari dan final pada siang hari. Pada saat semi final, debat ditayangkan pada akun resmi Instagram @minalwa_uns dan juga @sef11maret. Pada babak ini, tim Perintis Kemerdekaan bertanding melawan tim Jalan Agung Timur. Sementara tim dari Jalan Kenanga melawan tim Jalan Asia Afrika. Setelah perdebatan berlangsung, didapatkan hasil kemenangan dari tim Jalan Asia Afrika dan Agung Timur yang membuat mereka maju ke babak final yang disiarkan pada akun YouTube UNS. Sementara tim Jalan Kenanga dan Perintis Kemerdekaan juga masih melakukan debat untuk memperebutkan juara ketiga.

Hasil akhir pertanding debat KDMI internal UNS ini dimenangkan oleh tim Jalan Agung Timur yang terdiri dari Elli Setiangsih, Dwi Wahyu Ahmad Fauzi, dan Mochamad Charis. Sementara, juara kedua disabet oleh tim Jalan Asia Afrika yang tediri dari Dwi Setyo Sulistyono, Evonella Pangaribua, dan Irfan Nurdiansah. Juara ketiga berhasil dimenangkan oleh tim Jalan Kenanga yang terdiri dari Nurul Aini Choiriyah, Zalfaa Azalia Pursita, dan Ilyas Abdurrahim.

Meskipun sudah ditetapkan tim mana yang mendapatkan juara pada seleksi KDMI UNS ini, namun untuk mewakili UNS di tingkat regional dipilih berdasarkan pembicara terbaik. Ada pun, pembicara terbaik yang terpilih adalah Dwi Putri Jeng Ivo, Nurul Aida Fitriani, Farah Yuki Prasetyawati, Hilda Anugrah Putri, Rizal Galih Pradana, dan Alifia Nur Maftukhah Yuliana. Keenam pembicara tersebut akan diseleksi lagi untuk menentukan tiga terbaik yang akan mewakili UNS.

Acara seleksi internal KDMI UNS ini ditutup oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof. Kuncoro Diharjo yang mengajak mahasiswa untuk menggalakkan acara virtual.

“Sekarang eranya dunia digital, saya mengajak ayo tingkatkan kegiatan virtual,” ujar Prof. Kuncoro. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply