UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Lokakarya Nasional yang bertempat di Gedung Pascasarjana UNS, Selasa (28/11/2017).

Acara Lokakarya Nasional dengan tema “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian dalam Menjalankan UMKM di Era Milenial” ini diselenggarakan oleh Prodi Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat Pascasarjana UNS.

Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah untuk merumuskan strategi pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian dalam menjalankan usaha kecil menengah di era milenial.

“Tema ini dipilih karena kita sadari bersama bahwa cepat atau lambat negara di manapun termasuk Indonesia akan bergerak dari tahap tradisional, praindustri, pascaindustri, bahkan sampai pada tahap masyarakat komunikatif, yang ditandai dengan penggunaan teknologi, baik teknologi sederhana maupun canggih. Ironisnya, tidak semua anggota masyarakat yang siap menyongsong dan merespons teknologi dalam melakukan kegiatan usaha mereka,” jelas ketua panitia Suprato.

Mei Sulistyoningsih saat memaparkan materi

Hadir sebagai pembicara pertama, Mei Sulistyoningsih (Ketua Umum Federasi Pekerja Mandiri Jateng dan Kepala Pusat Sains, Teknologi dan Sentra HKI Universitas PGRI Semarang) membahas tentang strategi eksistensi dan pemberdayaan masyarakat pekerja mandiri dalam menyongsong era digital.

L Sumadi (Direktur Eksekutif Solo Techo Park) sebagai pembicara kedua memaparkan tentang Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemampuan Menerapkan Teknologi di Masa Depan dalam Bidang UMKM.

Pembicara ketiga, Aziz Setyawijaya (Business Development Manager PT Usaha Desa Sejahtera), membawa materi tentang Pemberdayaan Masyarakat dalam Merespon Peluang dan Tantangan UKM di Desa. humas-red.uns/Can/Eln