UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan Talkshow bertajuk Peran UMKM Dalam Membangun Kemandirian Ekonomi Melalui Tansformasi Digital, pada Rabu (15/6/2022). Acara tersebut terselenggara atas kerja sama dengan Harian Kompas dan didukung penuh oleh Bank Jateng.

Membuka acara, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan sambutan dan bersyukur atas terselenggaranya talkshow tersebut. “Peran UMKM sangat besar dalam pemulian ekonomi Indonesia. Saat ini ada sekitar 64,2 juta UMKM di Indonesia yang mampu menyerap 97% tenaga kerja. Akselerasi penguatan ekosistem digital dari kota hingga desa menjadi kunci upaya percepatan pemulihan dan peningkatan daya saing ekonomi,” jelas Prof. Jamal.

UNS Gelar Talkshow Peran UMKM dalam Membangun Kemandirian Ekonomi melalui Transformasi Digital

Tak lupa beliau mengungkapkan rasa terima kasih atas kehadiran dari peserta talkshow, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Dr. Juda Agung yang telah bersedia hadir untuk menyampaikan pidato kunci serta Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan hasil Riset Litbang Harian Kompas oleh Budiawan Sidik Arifianto, Pidato Kunci dari Dr. Juda Agung, serta Pidato Gubernur Jawa Tenga, Ganjar Pranowo.

UNS Gelar Talkshow Peran UMKM dalam Membangun Kemandirian Ekonomi melalui Transformasi Digital

Dalam talkshow tersebut menghadirkan lima pembicara antara lain Kevin Nugroho selaku Direktur PT. Plevia Makmur, Hanifah Makarim selaku Direktur Akses Pembiayaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dr. Putra Pamungkas selaku Dosen FEB UNS dan peneliti di UNS Fintech Center, Prof. Alistair Milne dari Loughborough University UK, dan Prof. Bruno S. Sergi dari Harvard University USA. Talkshow ini dipandu oleh Nur Hidayati, Editor Ekonomi Harian Kompas, dan Dewanti Cahyaningsih, Peneliti UNS Fintech Center dan University Limoges.

Dalam talkshow yang berfokus pada peran UMKM dalam kemandirian ekonomi tersebut, Kevin mengungkapkan bahwa mayoritas UMKM yang berhasil bertahan selama krisis pandemi adalah mereka yang menerapkan pendekatan adaptif yang mayoritas adalah UMKM yang telah menerapkan ekosistem digital. Menyambung keterangan dari Kevin, Hanifah Makarim setuju bahwa memang dibutuhkan penguatan manajemen, terutama di bidang manajemen keuangan. “Kelemahan UMKM di Indonesia memang ada di bidang manajemen keuangan yang seringkali masih tergabung dengan keuangan pribadi. Namun hal ini telah banyak terbantu dengan adanya teknologi pencatatan digital,” ungkap beliau.

Dari sisi akademik, Dr. Putra Pamungkas dari UNS menjelaslan hasil riset yang dilakukan oleh UNS Fintech Center terkait faktor pendorong adopsi teknologi digital di sektor UMKM Indonesia. Riset tersebut menemukan bahwa terdapat tiga faktor utama yang mempengaruhi adopsi teknologi digital yaitu usia pemilik, kompetisi adopsi diantara UMKM di daerah yang sama, serta kebutuhan konsumen. Lebih lanjut, Prof. Bruno S. Sergi menambahkan bahwa kondisi pandemi menunjukkan bahwa adanya tuntutan bagi perusahaan dan korporasi untuk tetap stay in touch terhadap perkembangan teknologi. Sementara Prof. Alistair Milne mengungkapkan pentingnya pembangunan infrastuktur keuangan untuk mendukung digital transformation.

UNS Gelar Talkshow Peran UMKM dalam Membangun Kemandirian Ekonomi melalui Transformasi Digital

Acara talkshow yang diadakan secara hybrid di Gedung Ki Hadjar Dewantara UNS dan Live Youtube tersebut ditutup dengan penyerahan doorprize bagi empat pertanyaan terbaik dari peserta yang diserahkan oleh Ari Setyawan selaku Direktur Kepatuhan dan Risiko dari Bank Jateng. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor UNS Lakukan Kunjungan Kerja ke UPI dan Unpad

UNS --- Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

UKM Pramuka UNS, di Balik Pasukan Pengibar Bendera Upacara Kemerdekaan RI

UNS --- Disiplin, berani, dan setia. Itulah salah satu isi Dasa Darma Pramuka yang senantiasa...

Perluas Jejaring Internasional, UNS Jalin Kerja Sama dengan The University of Newcastle, Australia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama internasional dengan The...

UPT KLI UNS Gelar Workshop Pendampingan Persiapan Studi Lanjut ke Amerika Serikat

UNS --- UPT Kerja Sama dan Layanan International (KLI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dekan FH UNS Terpilih sebagai Ketua BKS FH-PTN Wilayah Tengah

UNS --- Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. I Gusti Ayu...

Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Lomba Debat Nasional

UNS --- Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Pengalaman Mahasiswa UNS Mengajar BIPA di Negeri Gajah Putih

UNS --- Aldi Dwi Saputra, mahasiswa Jenjang S-2 Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia...

UNS Canangkan Kerja Sama dengan Kansas State University

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mencanangkan kerja sama dengan Kansas State...

Peringati HUT ke-6, RS UNS Berikan Layanan Unggulan

UNS --- Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tepat berusia 6 tahun pada Rabu...

Kebut MBKM, FMIPA UNS Jalin Kerja Sama dengan BPS Boyolali dan Karanganyar

UNS --- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS)...