UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan berbagai bonus kepada mahasiswanya yang berhasil meraih medali dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Pemberian bonus kepada mahasiswa UNS peraih medali PON XX Papua 2021 diberikan langsung oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dalam acara penyambutan mereka usai pulang dari Papua, bertempat di Ruang Sidang IV Gedung Rektorat dr. Prakosa UNS, Jumat (22/10/2021) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Jamal turut didampingi Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS Dr. Sapta Kunta dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS Prof. Ismi Dwi Astuti N. Selain itu, turut hadir pula Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS Drs. Rohman Agus Pratomo.

Prof. Jamal dalam sambutannya saat pemberian bonus pertama-tama mengucapkan terima kasih atas capaian dan kontribusi mahasiswa UNS peraih medali PON XX Papua 2021 yang sudah mengharumkan nama almamater di kancah nasional.

“Suatu prestasi yang membanggakan bagi UNS dan kita doakan di event-event yang akan datang, baik nasional atau internasional, bisa memberikan warna terhadap UNS,” ujar Prof. Jamal.

Dengan prestasi mereka yang gemilang, Prof. Jamal menyebut mereka layak diganjar dengan bonus yang melimpah.

Mahasiwa UNS yang berhasil meraih medali emas di PON XX Papua 2021 mendapatkan pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT), kesempatan untuk studi lanjut gratis hingga jenjang S-3 di UNS, dan uang pembinaan sebesar Rp4,5 juta.

Kemudian, mahasiswa UNS yang meraih medali perak di PON XX Papua 2021, juga mendapat pembebasan UKT, ditambah dengan kesempatan studi lanjut hingga jenjang S-2 gratis di UNS dan uang pembinaan sebesar Rp3,5 juta.

“Sedangkan, bagi yang meraih medali perunggu kalian dibebaskan UKT-nya selama berkuliah di UNS dan nanti akan diberikan juga uang pembinaan sebesar Rp2,5 juta,” jelas Prof. Jamal.

Di sela-sela acara pemberian bonus mahasiswa UNS peraih medali PON XX Papua 2021, Dekan FKOR UNS Dr. Sapta Kunta mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Prof. Jamal yang telah mengguyur mahasiswanya dengan bonus melimpah.

Ia berharap dengan diberikannya bonus dari UNS dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk berlomba-lomba memberikan kontribusi yang terbaik bagi UNS, baik di perlombaan tingkat nasional maupun internasional.

“Karena kemarin kita banyak yang terkait raihan medali internasional dan mengharumkan nama Indonesia,” ujar Dr. Sapta Kunta yang pada Paralimpiade Tokyo kemarin berhasil membawa anak asuhnya meraih medali emas pada cabang olahraga parabadminton.

Dalam gelaran PON XX Papua 2021, UNS mengirimkan sembilan mahasiswa terbaiknya untuk membela kontingen DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Untuk medali emas yang berhasil disabet, dipersembahkan oleh Janan Salma dari cabor basket, Lukman L. Hakim dari cabor baseball, dan Khoirudin Mustakim dari cabor pencak silat tanding kelas B.

UNS Guyur Mahasiswa Peraih Medali PON XX Papua 2021 dengan Bonus Melimpah

Kemudian, untuk medali perak berhasil dipersembahkan Fauziyyah Rahma dari cabor renang 4×200 meter freestyle relay women dan Agung Wahyudi dari cabor atletik lompat jangkit.

UNS Guyur Mahasiswa Peraih Medali PON XX Papua 2021 dengan Bonus Melimpah

Sedangkan, untuk medali perunggu dipersembahkan oleh Ashifa’ Helsa dari cabor selam kolam 200 meteer, Nadia Haq U. N. C dari cabor pencak silat tanding kelas B, dan Adira Kurniawati dari cabor anggar sabel beregu.

Selama gelaran olahraga terakbar se-Indonesia itu, ada berbagai cerita unik dari mahasiswa UNS yang berada di tanah Papua.

UNS Guyur Mahasiswa Peraih Medali PON XX Papua 2021 dengan Bonus Melimpah

Yaitu, Nadia Haq U. N. C dari cabor pencak silat tanding kelas B berhasil menyumbangkan medali perunggu untuk kontingen Jawa Tengah dan bagi UNS dalam keadaan sedang hamil.

Selain itu, ada cerita dari Khoirudin Mustakim -peraih medali emas dari cabor pencak silat tanding kelas B- yang berlari sejauh 58 KM dari Salatiga ke Klaten.

Lari sejauh puluhan kilometer tersebut merupakan nazar yang sudah ia tekadkan sejak sebelum gelaran PON XX Papua 2021.

Ia menghabiskan waktu selama kurang lebih 10 jam dari Salatiga ke Klaten, dengan berbekal air mineral dan madu selama perjalanan. Humas UNS

Reporter: Y.C.A. Sanjaya
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Segera Buka Kampus Baru di Jakarta, inilah Prodi yang Dipersiapkan UNS

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terus memperluas jaringan kampus cabangnya di...

Bangun Personal Branding di Era Digital, Himasos FISIP UNS Gelar Webinar Nasional

UNS --- Kemampuan menulis yang diikuti dengan kemampuan mendesain menjadi bekal yang menguntungkan...

UNS Berangkatkan Satgas Bencana Semeru, ini Misi yang Dibawa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberangkatkan Satuan Tugas (Satgas) Bencana...

Sah, Dirut PT. Hutama Karya Kembali Terpilih sebagai Ketum IKA UNS

UNS --- Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. kembali terpilih sebagai...

Buka Munas V IKA UNS, Rektor UNS: Banggalah jadi Alumni UNS

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Jamal Wiwoho membuka...

Beri Kuliah Umum di FH UNS, Hakim MK: Jangan Pernah Perjualbelikan Hukum

UNS --- Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) RI Prof. Arief Hidayat mewanti-wanti mahasiswa Fakultas...

Kepala Desa Tawangsari, Karanganyar Raih Piala Bergilir MK dalam Lomba Pidato Konstitusi Lurah di UNS

UNS --- Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya di Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya Resmi Ditutup

UNS --- Gelaran Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya yang diinisiasi oleh...

Bahas Kebijakan Fiskal dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, FEB UNS Gelar Webinar

UNS --- Fakultasi Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...

Tim PHP2D FEB UNS dan PKK Desa Gondosuli, Tawangmangu Kreasikan Wortel Jadi Aneka Makanan

UNS --- Wortel merupakan salah satu potensi alam yang dimiliki oleh Desa Gondosuli, Kecamatan...