Kepala UPT Humas dan Media UNS Bagikan Strategi Branding Media Sosial

Kepala UPT Humas dan Media UNS Bagikan Strategi Branding Media Sosial

UNS — Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Humas dan Media Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memaparkan strategi dalam branding media sosial, khususnya Kedaireka. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Deddy Whinata Kardiyanto dalam webinar Public Relation Reka Innovation Kedaireka Series 8, Kamis (21/10/2021). Webinar tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Dalam series ini, tema yang diangkat adalah pengembangan talenta digital dalam branding innovator Kedaireka.

Kedaireka merupakan solusi terkini dalam mewujudkan kemudahan sinergi kontribusi perguruan tinggi dengan komersialisasi industri untuk kemajuan bangsa Indonesia, yang sejalan dengan visi Kampus Merdeka Kemendikbudristek.

Dr. Deddy membagikan pengalamannya dalam mengelola media sosial UNS yang dapat diterapkan oleh Kedaireka. Ia mengatakan bahwa branding sangat diperlukan untuk mengenalkan sebuah institusi maupun program kepada masyarakat luas. Salah satu yang dapat dilakukan ialah menggunakan media sosial.

“Bisa disajikan melalui poster-poster di masing-masing media sosial. Misal di Instagram kita bagikan info-info kegiatan secara rutin, jadi masyarakat paham bahwa ini ada kegiatan A, B, C, dan seterusnya. Selain itu, interaksi dengan followers juga sangat penting agar terjalin komunikasi serta kedekatan. Oleh karena itu, hal ini bisa ditingkatkan lagi,” ungkap Dr. Deddy.

Selain itu, Kepala UPT Humas dan Media UNS tersebut menyampaikan bahwa dalam keberjalanannya, diperlukan evaluasi perencanaan ulang guna memaksimalkan platform yang ada.

“Bisa dilakukan peningkatan dan pemaksimalan akselerasi baru melalui humas perguruan tinggi. Jadi, kita bisa mengajak humas-humas di berbagai kampus untuk mem-brandingkan Kedaireka. Contohnya pada program Kampus Merdeka yang logonya selalu diletakan di setiap flyer, ini salah satu contoh untuk membranding,” tambahnya.

Logo sebuah program atau kegiatan memang diperlukan agar masyarakat menjadi lebih familiar dan mengenal kegiatan atau program tersebut.

“Cara humas dalam mengakselerasi program Kedaireka antara lain dengan menyesuaikan visi misi perguruan tinggi. Lalu mengkomunikasikan dengan baik melalui konten informatif dan interaktif. Selanjutnya konsisten dan berkelanjutan. Terakhir, membagikan testimoni kepada publik sehingga informasi Kedaireka bisa tersampaikan ke publik secara menarik,” imbuh Dr. Deddy. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content