Berita Terkini

UNS Juarai Chinese Bridge Regional Jateng 2019

By 8 April 2019 No Comments
UNS – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh dua mahasiswa Program Studi (Prodi) Bahasa Mandarin Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam lomba adu ketangkasan berbahasa Mandarin atau Chinese Bridge pada Sabtu (6/4/2019).
Prestasi tersebut berhasil ditorehkan oleh Aileen Vincentia Beatrice dan Harun Al Rasyid. Mereka adalah dua mahasiwa Prodi Bahasa Mandarin yang berhasil tampil memukau dalam perlombaan Chinese Bridge tahun ini.
Harun, salah satu pemenang Chinese Bridge tahun ini mengaku bahwa persiapannya dalam lomba tahun ini sangat sedikit dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun, berkat niat dan kerja keras mahasiswa asal Weru Sukoharjo ini mampu membuktikan kemampuannya dengan menjadi juara 2 Chinese Bridge Regional Jawa Tengah tahun ini.
“Dalam persiapan lomba saya harus menempuh perjalanan yang jauh saat akan latihan. Namun saya sadar bahwa semua itu butuh perjuangan berulang kali supaya dapat meraih hasil yang sempurnya,” ujar Harun.
Selain Harun, mahasiswi UNS peraih Juara 1 Chinese Bridge Regional Jawa Tengah, Vincentia Aileen, turut mengungkapkan rasa ketidakpercayaannya saat ia mendapatkan juara 1.
“Saya tidak menyangka bisa mendapatkan juara ini. Karena menurut saya masih banyak pesaing-pesaing saya yang punya penampilan bakat dan seni yang jauh lebih bagus dan kreatif,” kata Vincentia.
Dalam sesi pertunjukkan bakat dan seni atau Cáiyì biǎoyǎn, keduanya menyuguhkan penampilan yang berbeda. Aileen menyanyikan sebuah lagu yang berjudul Dàn yuàn rén chángjiǔ Jiu atau 但愿人长久, sedangkan Harun unjuk kebolehan Tàijí quán atau太极拳 yang merupakan seni beladiri dan senam kesehatan aliran halus dari Tiongkok.
Dalam perlombaan yang digelar di Sekolah Tiga Bahasa Bina Widya Surakarta, Prodi Bahasa Mandarin mengirimkan masing-masing empat mahasiswa dan mahasiswi yang berasal dari semester 2 dan 4. Sehingga total terdapat delapan nama yang diajukan dalam satu kontingen.
Lomba berlangsung menarik sebab UNS harus bersaing ketat dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang juga tidak mau kalah unjuk kebolehan dalam perhelatan Chinese Bridge tahun ini. Humas UNS/ Yefta

Leave a Reply