UNS Kembali Menggelar 7th UNS SMEs Summit & Awards 2018

7th UNS SMEs Summit & Award 2018

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi (PT) yang fokus terhadap pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kembali menggelar event tahunan 7th UNS SMEs Summit & Award 2018.

Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi mengatakan, event tahunan ini diselenggarakan untuk memberikan penghargaan kepada pemerhati UMKM baik lembaga maupun perorangan atas perannya dalam memberdayakan UMKM. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil kajian, pengetahuan maupun pengalaman pemberdayaan UMKM baik dalam aspek sosial ekonomi maupun teknologi dari pemangku kebijakan, peneliti dan pengabdi maupun praktisi untuk direkomendasikan sebagai arahan dan strategi pemberdayaan UMKM.

“Melalui kegiatan ini juga menjadi sarana untuk membangun kerjasama dan sinergitas para pemangku kepentingan (lembaga pemerintah, Perguruan Tinggi, dunia usaha, dan LSM) dalam pemberdayaan UMKM,” terang Ravik dalam jumpa pers di Gedung Rektorat UNS, Selasa (9/10/2018)

Adapun rangkaian kegiatan 7th UNS SMEs Summit & Award 2018 yang pertama berupa Pameran Produk UMKM. Pameran Produk UMKM diselenggarakan pada tanggal 10-12 Oktober 2018 di Auditorium UNS. Peserta stand yang mengikuti pameran ini adalah UMKM dampingan instansi/perusahaan yang telah fokus dalam pengembangan UMKM melalui program PK-BL/CSR dan UMKM Binaan PSP KUMKM UNS. Pameran produk UMKM ini diramaikan oleh Lomba Dance Gemu Mamire dan live music.

Kedua yaitu Seminar International Conference on Small And Medium Enterprise Empowerment (ICSMEE). Seminar internasional diselenggarakan pada 11 Oktober 2018 di UNS Inn. Adapun tema seminar internasional adalah Enhancing Small Medium Enterprise Competitiveness Based on Creative Economy in Innovation Disruptions.

Ketiga yaitu Talkshow UMKM Naik Kelas yang digelar pada 12 Oktober 2018 di Auditorium UNS. Kegiatan ini merupakan media sharing ilmu dan pengalaman sukses UMKM Binaan PSP KUMKM. Lalu keempat berupa Penganugrahan Pemerhati UMKM (perorangan maupun lembaga). Penganugerahan Awards ini diselenggarakan pada 13 Oktober 2018. Penganugerahan ini terselenggarakan atas kerjasama antara PSP-KUMKM LPPM UNS, Kementerian Koperasi dan UKM RI dan ABDSI.

Ketua PSP-KUMKM LPPM UNS, Dr Heru Irianto menambahkan, dalam penganugerahan 7th UNS SMEs Summit and Awards 2018 terseleksi 11 kategori yaitu Pemerintah Kabupaten/Kota Terbaik, Pengelola Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Pengembang UMKM Terbaik, Perusahaan Swasta Aneka Tambang Pelaksana CSR Pengembang UMKM Terbaik, BUMN Pertambangan (Minyak dan Gas) Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik Berbasis Zero Waste, BUMN Pertambangan (Minyak dan Gas) Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik Berbasis Ekonomi Kreatif, Perusahaan Swasta Peternakan Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik, Perusahaan Swasta Convenience Good Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik, Perusahaan BUMN Transportasi Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik, Perusahaan BUMN Industri Transportasi Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik, Perusahaan BUMN telekomunikasi Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik dan Perorangan Peduli Pengembangan UMKM Terbaik Dharmakrida Baraya Adikarya Anugraha. Humas UNS

Skip to content