UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali mengukuhkan guru besar dari Fakultas Kedokteran dalam sidang senat terbuka yang diadakan pada hari Kamis (25/1/2018) di gedung Auditorium UNS. Soetrisno dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan.

Soetrisno, Guru Besar bidang Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan pada Kamis, (25/1/2018) di Auditorium UNS

Dosen Fakultas Kedokteran ini menjadi guru besar yang ke-38 di Fakultas Kedokteran dan ke-190 di UNS setelah menemukan cara mengatasi stres pada ibu hamil dan menjelang kehamilan. Dalam pidatonya, Soetrisno menyampaikan bahwa stres pada masa kehamilan dan menjelang persalinan merupakan sebuah stres tersendiri bagi wanita.

“Seperti yang kita ketahui, kehamilan merupakan dambaan bagi setiap keluarga. Namun kehamilan dan persalinan yang akan terjadi merupakan stresol bagi setiap wanita. Keduanya menimbulkan kondisi strees yang merusak atau biasa disebut distress, bahkan ada yang sampai jatuh dalam keadaan depresi”, jelasnya.

Dalam kesempatan ini Ravik Karsidi selaku rektor UNS mengharapkan pengukuhan Soetrisno ini dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan.

“Universitas sangat mengharapkan dengan dikukuhkannya Profesor Soetrisno nantinya yang bersangkutan mohon dapat terus mengembangkan bidang Ilmu Kebidanan dan Ilmu Kandungan untuk mencapai visi Universitas Sebelas Maret” ujar Ravik karsidi. Humas-red.uns/Imr/Isn