UNS Menggelar Penganugerahan Mahasiswa Berprestasi 2022

UNS Menggelar Penganugerahan Mahasiswa Berprestasi 2022

UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan Penganugerahan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) UNS 2022. Acara ini berlangsung secara luring di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Sabtu (4/6/2022). Penganugerahan ini diikuti oleh 12 finalis  Mawapres program sarjana dan diploma UNS.

Sebelum ini, mereka telah melalui tahapan seleksi yang cukup panjang. Diawali dengan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) di tingkat fakultas dan sekolah vokasi, kemudian dua mahasiswa terpilih setiap fakultas akan menjadi wakil dalam Pilmapres UNS.

Lalu, di tingkat universitas juga terdapat beberapa penilaian seperti capaian unggulan, presentasi bahasa Indonesia dan Inggris, gagasan kreatif, dan psikotes. Juara 1 program sarjana dan diploma akan mewakili UNS dalam Pilmapres Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Penganugerahan ini dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus dan Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Drs. Rohman Agus Pratomo. Dalam sambutannya, Prof. Yunus menyampaikan bahwa Pilmapres ini sangat penting karena dapat mendukung prestasi universitas.

“Kalau ada mahasiswa UNS yang juara nasional atau bahkan internasional, nama universitas akan terangkat. Selain itu, nama adik-adik mahasiswa juga akan terangkat karena akan mendapat nilai tambah yang tertulis di SKPI. Setelah lulus juga akan menambah nilai saing dengan yang lain,” tutur Prof. Yunus.

Selain itu, gagasan yang diangkat oleh para finalis juga dapat membuka peluang dalam dunia riset dan inovasi. Terlebih, mereka mengangkat ide-ide yang dapat menjadi solusi dalam memecahkan suatu permasalahan dalam masyarakat.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Drs. Rohman Agus Pratomo menjelaskan bahwa ke-12 finalis ini telah mengikuti berbagai tahapan seleksi yang ketat. Dua wakil dari setiap fakultas juga diseleksi di tingkat universitas untuk menentukan 6 besar, begitu juga di Sekolah Vokasi (SV).

“Sebanyak 12 finalis ini menjalin beberapa rangkaian seleksi di tahap final Pilmapres UNS, seperti presentasi bahasa Indonesia dan Inggris, gagasan kreatif, capaian unggulan, dan psikotes. Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk seluruh finalis Mawapres UNS yang telah berjuang dalam seleksi ini,” kata Drs. Rohman Agus Pratomo.

Sementara itu, Ketua Ikatan Mahasiswa Berprestasi UNS, M. Fuadi Hakimi juga mengatakan bahwa penentuan pemenang ini berdasarkan proses seleksi yang telah dilakukan. Ia menambahkan bahwa yang menentukan layak atau tidaknya menjadi Mawapres adalah diri sendiri. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Berikut, daftar juara Mahasiswa Berprestasi UNS 2022

Program Sarjana

Juara 1: Muhammad Safrudin Musthofa (Fakultas Pertanian)

Juara 2: Muhammad Fauzan (Fakultas Seni Rupa dan Desain)

Juara 3: Iksan Riva Nanda (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)

Juara Harapan 1: Pradana Ricardo (Fakultas Ilmu Budaya)

Juara Harapan 2: Muhammad Zidni Subarkah (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)

Juara Harapan 3: La Tansa Milata Hanifa (Fakultas Kedokteran)

Program Diploma

Juara 1: Nabila Khairunisa Azzahra (D-4 Kebidanan)

Juara 2: Hilda Sekar Wulandari (D-3  Agribisnis)

Juara 3: Elsa Pudyadiningrat (D-3 Akuntansi PSDKU Madiun)

Juara Harapan 1: Mutiara Anastasya Putri (D-3 Kebidanan)

Juara Harapan 2: Muhammad Reihan Ascha Pratama (D-3 Manajemen Pemasaran)

Juara Harapan 3: Meyta Nur Pratidina (D-3 Perpustakaan)

Skip to content