Search
Close this search box.

UNS Selenggarakan Expo Produk Desa Binaan

UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Expo Produk Desa Binaan Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2023. Expo tersebut digelar di Halaman Gedung dr. Prakosa UNS dan di Pelataran Danau UNS pada Jumat (1/9/2023) hingga Sabtu (2/9/2023).

Kepala Unit Pelaksana KKN UNS, Dr. rer. nat. Nurhadi, S.Ant., M.Hum. dalam sambutannya mengatakan, Expo Produk Desa Binaan Mahasiswa MBKM UNS tahun 2023 merupakan rangkaian dari pelaksanaan MBKM Membangun Desa yang bertujuan mengimplementasikan hasil luaran program MBKM Membangun Desa.

“Peserta Expo berasal dari mahasiswa MBKM Membangun Desa, PPK Ormawa, Bina Desa Center, KWU Center, P2MD, P2MW, dan Wibawa yang mengisi 193 stand. Selain mahasiswa, terdapat beberapa mitra yang ikut berpartisipasi. Kategori produk yang ditampilkan antara lain adalah olahan makanan, fashion, art, craft, teknologi tepat guna, edukasi dan beberapa kategori lain,” terang Dr. Nurhadi.

Pada serangkaian Expo Produk Desa Binaan Mahasiswa MBKM UNS Tahun 2023, terdapat Talkshow dan Workshop Evaluasi Program KKN Tematik MBKM Membangun Desa yang dihadiri oleh Kepala Desa lokasi MBKM. “Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk evaluasi kegiatan Program KKN Tematik MBKM Membangun Desa UNS tahun 2023 dan mempersiapkan  Program KKN Tematik MBKM Membangun Desa UNS Tahun 2024,” imbuh Dr. Nurhadi.

Kegiatan Expo tersebut dibuka oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan selamat dan sukses, serta bangga dan mengapresiasi inisiasi penyelenggaraan expo yang melibatkan 193 stand, 404 kelompok dan 3.880 mahasiswa. “Saya angkat topi untuk dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam expo ini, karena lewat ajang ini UNS mampu menampilkan hasil-hasil dari pembelajaran dan kegiatan mahasiswa. Semua produk yang berada dalam expo ini merupakan hasil dari aktifitas kampus merdeka yang sangat mendukung agenda besar Pemerintah yang saat ini sedang menggerakan potensi perekonomian dan pemberdayaan masyarakat desa,” terang Prof. Jamal.

Saatnya UNS hadir menjadi motor penggerak produk-produk kreatif desa binaanya, sehingga mampu memberikan dampak positif kemajuan perekonomian dan memperkaya olahan lokal masyarakat desa. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim MBKM UNS, dosen dan mahasiswa yang ikut serta dalam Expo ini, termasuk mitra kerja kami BPJS dan BRI Sudirman atas partisipasinya menyemarakan acara Expo ini.   Semoga sinergi dan kolaborasi antara UNS dan desa binaan yang selama ini terbangun baik dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang,” ujar Prof. Jamal. HUMAS UNS

Reporter: Dhelinta Fitri Pramadhanti

Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content