Berita Terkini

UNS Terima 148 Mahasiswa Program Permata Sakti

By 23 September 2020 No Comments

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima sebanyak 148 mahasiswa untuk mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara Sistem Alih Kredit Dengan Teknologi Informasi (Permata Sakti). Pembukaan program Permata Sakti dilakukan oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho secara daring melalui Zoom Cloud Meeting, Selasa (22/9/2020) .

Prof. Jamal mengatakan, melihat trend global dengan revolusi industri 4.0, sektor pendidikan tinggi turut berkontribusi melakukan inovasi melalui Kampus Merdeka – Merdeka belajar. Salah satu sasaran dari program Permata Sakti ialah membangun pola kerja sama antar perguruan tinggi di Indonesia untuk memperkuat daya saing global di bidang pendidikan.

“Harapannya, kegiatan ini bisa membentuk sebuah pola kerja sama antar Perguruan Tinggi (PT) dan mendorong untuk bisa berkolaborasi meningkatkan mutu serta akses antar perguruan tinggi di Indonesia,” tutur Prof. Jamal.

Program Permata Sakti dibagi menjadi dua cara pelaksanaan yaitu dilakukan antar perguruan tinggi dan internal kampus. Program antar perguruan tinggi dibagi menjadi dua yaitu pertukaran mahasiswa antar Program Studi (Prodi) pada perguruan tinggi yang berbeda dan pertukaran mahasiswa dalam Prodi yang sama pada perguruan tinggi yang berbeda. Sedangkan pelaksanaan di internal kampus dilakukan dengan pertukuran antar Prodi.

Sedangkan, Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus menyampaikan, terdapat tujuh mata kuliah unggulan diambil dari tiga Pusat Unggulan Iptek (PUI) UNS. Ketujuh mata kuliah tersebut ialah Akuntansi Logistik, Teknologi Keuangan, Kebudayaan Jawa, Kecerdasan Buatan, Teknologi Kultur Jaringan, Teknologi Penyimpanan Energi dan Teknologi Produksi Tanaman Rempah dan Obat.

Saat ini UNS menerima 148 mahasiswa yang mengikuti program ini dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tiga universitas dengan jumlah mahasiswa terbanyak ialah Universitas Negeri Padang sebanyak 24 mahasiswa, Universitas Mulawarman ada 22 mahasiswa dan Universitas Lampung terdapat 20 mahasiswa. Kemudian UNS mengirim 77 mahasiswanya ke-27 perguruan tinggi. Dengan peserta paling banyak dikirim ke Universitas Padjadjaran sebanyak 18 mahasiswa, Universitas Udayana terdapat 10 mahasiswa dan Universitas Sriwijaya ada 9 mahasiswa.

Kemudian untuk proses registrasi mahasiswa Permata Sakti 2020, Afif Nurcahya, S.Si., dari Bidang Akademik UNS mengatakan bahwa registrasi mahasiswa baru bisa diakses melalui siakad.uns.ac.id. Dan tentunya perlu berkoordinasi dengan PIC dari masing-masing fakultas untuk mendapatkan PIN Mahasiswa.

Kepala Sub Bagian Bidang Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS, Nur Hariawan memperkenalkan beberapa istilah yang digunakan dalam kegiatan akademik oleh UNS. Seperti Sistem Informasi Akademik (Siakad) yang bisa digunakan untuk mengakses informasi terkait data mahasiswa maupun dosen. Humas UNS

Reporter: Ratri Hapsari
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply