Search
Close this search box.

UPT KLI UNS Gelar Sosialisasi Persiapan IISMA 2023

UNS — Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerjasama dan Layanan Internasional (KLI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar sosialisasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) bertajuk International Office UNS IISMA 2023 Preparation for UNS Students. Kegiatan ini diselenggarakan secara luring di Ruang Seminar Werkudoro, Gedung Perpustakaan UNS Lantai 2 pada Jumat (13/1/2023).

Acara dibuka oleh Rino Ardhian Nugroho, S.Sos., M.T.I., Ph.D., selaku Kepala UPT KLI UNS. Rino berpesan kepada mahasiswa UNS untuk mempersiapkan pendaftaran IISMA 2023 dengan sebaik-baiknya. Mengingat semakin tahun persaingan dalam pendaftaran IISMA semakin ketat.

“Besar harapan kami teman-teman semua serius dalam menyiapkan IISMA 2023. Bahasa Inggris diperbaiki karena Bahasa Inggris adalah kuncinya. Mempersiapkan IPK yang baik. Serta jangan memilih universitas secara emosional. Sesuaikan dengan kemampuan kamu, pertimbangkan nilai IPKnya, dan skor Bahasa Inggris. Juga perhatikan pula strategi yang harus anda ambil untuk memperbesar kemungkinan diterima. Semoga acara dapat berjalan baik dan kalian semua bisa menjadi awardee IISMA 2023,” tutur Rino.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Amerika dan Oceania UPT KLI UNS, Feri Setyowibowo, Ph.D., mengatakan bahwa jangan takut dan coba saja dahulu dalam pendaftaran IISMA 2023 ini. Semoga bisa menjadi awardee program ini pada pilihan yang didambakan. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Koordinator Wilayah Asia dan Timur Tengah UPT KLI UNS, Dr. Anif Jamaluddin. Dr. Anif memberikan materi terkait interview. Beliau menyampaikan dalam sesi interview harus menjawab dengan lugas, singkat, jelas, sesuai dengan yang ditulis pada motivation letter, dan jujur. 

Selanjutnya pemaparan materi oleh Koordinator Wilayah Eropa dan Afrika UPT KLI UNS, Dimas Rahadian, Ph.D. Dimas menyampaikan tentang Preparing Your Essay.

“Aturan umum yang perlu diperhatikan dalam menulis essay, pertama pastikan panjang kata jangan melebihi ketentuan. Kedua, gramatikal error juga diperhatikan. Jangan sampai ada grammar yang salah supaya tidak merusak konsentrasi pembaca. Ketiga, fokus pada pertanyaan. Tuliskan hal-hal yang benar dan menarik untuk dibaca. Keempat, perhatikan style Bahasa Inggris. Pakailah style Bahasa Inggris yang advance. Kelima kunci untuk bisa menulis yang baik adalah banyak membaca. Ketika anda sudah selesai membuat draft pertama bisa meminta orang lain untuk membaca dan mengkoreksi sebelum anda submit. Jangan Copy Paste dan jangan dibuatkan,” pungkas Dimas. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content