Usung Aplikasi Space-Net, Mahasiswa UNS Juara 1 Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional

Usung Aplikasi Space-Net, Mahasiswa UNS Juara 1 Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional

UNS — Tiga mahasiswa yang berasal dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih juara 1 Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional dalam Techno Educare #2. Mereka adalah Wulandari, Nia Apriyanti, dan Laetitia Sabrina Dewashanty.

Diumumkan melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dan siaran langsung melalui akun Youtube PGSD FKIP UNS pada Selasa (21/12/2021), ajang ini mengangkat tema “Implementasi TPACK dalam Pembelajaran untuk Akselerasi Era Digital guna Mewujudkan Pendidikan Berkeadaban”.

Dalam lomba tersebut, Wulandari dan teman-temannya mengusung sebuah aplikasi bernama Space-Net (Serial Pembelajaran Cerdas tentang Planet). Wulandari menjelaskan bahwa Space-Net merupakan media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas enam semester dua mengenai planet, mulai dari pengertian, karakteristik, hingga penggolongan.

“Space-Net merupakan media pembelajaran interaktif yang mengintegrasikan unsur gambar, audio, video, dan teks yang juga didukung oleh tombol-tombol operasional yang dapat dioperasikan oleh peserta didik maupun guru guna mengontrol penggunaan media pembelajaran. Media ini dapat digunakan dalam pembelajaran IPA kelas enam semester dua tentang pengertian planet, nama-nama planet dalam tata surya, karakteristik planet-planet dalam tata surya, dan jenis-jenis pengelompokan planet dalam tata surya,” jelas Wulandari, Minggu (2/1/2022).

Ia menambahkan bahwa media yang mereka kembangkan tersebut dilengkapi fitur permainan sebagai sarana refleksi dan kuis guna sarana evaluasi.

“Media pembelajaran Space-Net dilengkapi dengan fitur game dan juga kuis. Fitur game dapat digunakan oleh guru dalam pelaksanaan refleksi pembelajaran. Sedangkan, fitur kuis dapat dimanfaatkan sebagai bentuk evaluasi pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik tentang materi planet yang telah dipelajari,” jelas Wulandari.

Ke depan, Wulandari dan teman-temannya akan mengembangkan media pembelajaran tersebut dan berencana untuk mengajukan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI). Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content