Search
Close this search box.

Peringkat Jurnal-Jurnal Ilmiah UNS Meningkat di Scimago Journal Ranks

UNS – Empat jurnal ilmiah di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang telah terindeks SCOPUS memperoleh peningkatan peringkat di Scimago Journal Rank (SJR) 2023. Capaian tersebut diumumkan melalui laman scimagojr.com pada April 2024. Jurnal-jurnal tersebut masing-masing dikelola oleh Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Fakultas Hukum (FH) UNS.

Keempat jurnal tersebut yaitu Jurnal Bestuur yang dikelola FH UNS dengan subject area Law mendapat Quartil 1 dengan SJR 0,38. Jurnal Biodiversitas yang dikelola FMIPA dengan subject area Animal Science and Zoology berada pada Quartil 2 dengan SJR 0,35. Jurnal Caraka Tani: Journal of Sustainable Agriculture yang dikelola FP UNS dengan subject area Agricultural and Biological Science (miscellaneous) berada pada Quartil 2 dengan SJR 0.34. Dan Jurnal Sains Tanah: Journal of Soil Science and Agroclimatology yang juga dikelola FP UNS dengan subject area Soil Science berada pada Quartil 3 dengan SJR 0,24.

Kepala Unit Pelaksana Pengembang Jurnal (UPPJ) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS, Prof. Dr. Ir. Mujiyo, S.P., M.P., menyampaikan perolehan peringkat di tahun 2023 menunjukkan bahwa ketiga jurnal mengalami kenaikan Quartil. Jurnal Bestuur yang sebelumnya berada pada Quartil 3 meningkat menjadi Quartil 1. Jurnal Biodiversitas yang sebelumnya berada pada Quartil 3 meningkat menjadi Quartil 2. Jurnal Caraka Tani: Journal of Sustainable Agriculture yang sebelumnya berstatus non quartil meningkat menjadi Quartil 2. Satu jurnal juga mengalami kenaikan nilai SJR yaitu Sains Tanah: Journal of Soil Science and Agroclimatology.

Beliau menyampaikan jika perolehan prestasi tersebut sangat membanggakan bagi sivitas akademika UNS. Capaian ini tentunya turut memotivasi bagi pengelola jurnal ilmiah lain di lingkungan UNS untuk dapat berkembang dan ikut berhasil terindeks internasional.

β€œTim UPPJ secara konsisten mendampingi dan membimbing para pengelola jurnal ilmiah untuk meningkatkan kualitas jurnal ilmiahnya agar memenuhi standar indeksasi internasional,” tutur Prof. Mujiyo, Kamis (13/6/2024).

Humas UNS

Reporter: R. P. Adji
Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content