UNS — Grup Riset Innovative Governance Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berikan penyuluhan literasi kesehatan digital terkait stunting. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap stunting. Kegiatan ini menyasar para ibu anggota Pos Pelayanan Terpadu di Desa Sepat, Kabupaten Sragen.

Persoalan stunting merupakan salah satu permasalahan yang masih menjadi tantangan besar bagi Indonesia. Stunting sendiri adalah kegagalan pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak-anak akibat asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, penyakit infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak adekuat.

Untuk itu pemerintah telah memiliki agenda besar di bidang kesehatan dalam beberapa tahun terakhir yakni pencegahan stunting. Namun, pandemi Covid-19 telah menyebabkan laju penurunan stunting pada anak balita melambat. Hal tersebut dikarenakan adanya misinformasi atau berita hoax kesehatan yang muncul di kalangan masyarakat.

Perlunya penguasan teknologi pada tiap-tiap individu masyarakat sangat penting agar pemanfaatan teknologi tidak disalahgunakan dan dapat menekan penyebaran berita hoax. Oleh karena itu, penyuluhan literasi kesehatan digital merupakan salah satu solusi untuk masyarakat agar tidak mudah percaya dengan hoax terlebih yang berkaitan dengan informasi stunting.

Penyuluhan Grup Riset Innovative Governance ini dilakukan agar para ibu dapat menyaring informasi dan membentengi diri terkait dengan fenomena stunting. Hal tersebut dimaksudkan agar pengetahuan yang tepat dapat melawan disinformasi yang ada.

“Diharapkan melalui penyuluhan ini ibu-ibu dapat dengan mudah mengatasi kesimpangsiuran informasi terkait stunting yang beredar di media sosial,” ujar Dr. Kristina Setyowati, M.Si., perwakilan Tim Pengabdian Grup Riset Innovative Governance FISIP UNS dalam rilis yang diterima uns.ac.id, Selasa (31/5/2022).

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan pada Sabtu (16/5/2022). Peserta yang hadir kurang lebih 45 ibu dari Posyandu Desa Sepat, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen. Pemberian materi penyuluhan dilakukan oleh dua narasumber. Narasumber pertama adalah Suhartini selaku Ketua Paguyuban PKK Desa Sepat serta Septyanto Galan Prakoso, S.I.P, M.SC., yaitu Dosen Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional (HI) FISIP UNS.

Grup Riset Innovative Governance FISIP UNS Berikan Penyuluhan Literasi Kesehatan Digital tentang Stunting di Desa Sepat, Sragen

Kegiatan dibuka dengan sambutan yang diberikan oleh Dr. Kristina Setyowati, M.Si. Selanjutnya, Suhartini selaku Ketua Paguyuban PKK Desa Sepat yang memberikan pengantar mengenai kondisi literasi kesehatan digital pada kalangan ibu-ibu di Desa Sepat dan pentingnya pemahaman tentang bahaya stunting. Sebelum memasuki sesi pemaparan materi, ibu-ibu diberikan waktu untuk mengisi pre-test yang sudah disiapkan oleh tim pengabdian untuk mengukur sejauh mana ibu-ibu yang hadir terkait literasi kesehatan digital.

Materi berikutnya disampaikan oleh Septyanto Galan Prakoso, S.I.P. M.SC. Ia memaparkan mengenai pentingnya literasi kesehatan digital dan memberikan pemahaman kepada ibu-ibu tentang bahaya stunting. Tidak lupa dipaparkan aplikasi-aplikasi pengukuran stunting yang dapat dimanfaatkan oleh ibu-ibu, seperti Sistem Pencegahan Stunting (SIMPATI 2.0). Aplikasi tersebut juga dipraktikan secara langsung cara penggunaannya. Kegiatan ditutup dengan pemberian post-test untuk mengukur pemahaman ibu-ibu terhadap materi yang telah disampaikan oleh narasumber. Humas UNS

Reporter: Rangga P.A.
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Unit Kemahasiswaan FKIP UNS Gelar Lokakarya Kewirausahaan

UNS --- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dosen FKIP UNS Dampingi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM untuk Guru IPA Kabupaten Karanganyar

UNS --- Dosen Program Studi (Prodi) S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan...

Cerita Qanita, Mahasiswi FP UNS yang Memilih Terjun Dunia Balap Rally

UNS --- Dunia balap, biasanya identik dengan laki-laki. Namun, siapa sangka bahwa Mahasiswi...

Membanggakan! Mahasiswi UNS Torehkan Prestasi pada Ajang Balap Rally

UNS --- Prestasi membanggakan dalam ajang balap rally berhasil ditorehkan oleh mahasiswi...

Seminar Nasional Prodi S-3 PBI FKIP UNS Bahas Pembelajaran Bahasa Pascapandemi

UNS --- Program Studi (Prodi) doktoral (S-3) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Keguruan...

UNS Raih 2 Penghargaan IKU dari Kemendikbudristek

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih dua penghargaan sekaligus dari...

Kuliah Pakar Prodi Magister dan Doktor PPPM UNS Hadirkan Pemateri dari IBA Karachi, Pakistan

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister dan Doktor Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat...

Teknik Sipil UNS Raih Akreditasi Unggul oleh LAM Teknik

UNS --- Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

DWP UNS Gelar Khitanan Massal Diikuti 110 Peserta

UNS --- Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta,...

Peresmian Renovasi Gedung TK Widya Putra DWP UNS Dibarengi Pelepasan Peserta Didik

UNS --- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...