UNS — Kabar baik datang dari mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah, Fiska Amanda Mulia, baru saja menyabet dua gelar yakni juara 2 dan juara favorit Poster Competition di gelaran Akmapesa Economic Competition (Aection) 3.0 Institut Pertanian Bogor (IPB). Lomba tersebut adalah salah satu dari tiga cabang yang diperlombakan di ajang yang digelar tiap tahun tersebut.

Fiska, sapaan akrabnya, dinyatakan menang melalui poster yang berjudul “Pentingnya Jiwa

Entrepreneurship pada Generasi Milenial dengan Menciptakan Produk Kreatif”. Poster tersebut dianggap mampu merepresentasikan tema Aection 3.0 yaitu Generasi Kreatif Pembangun Ekonomi Menuju Indonesia Gemilang.

Fiska mengaku sangat senang atas raihannya ini. Selain senang karena puas, Fiska mengatakan dapat menyalurkan pemikirannya tentang dunia kewirausahaan yang dia tekuni.

“Perasaan saya Alhamdulillah senang karena bisa menuangkan ide, gagasan, dan harapan dalam sebuah poster. Kebetulan tema posternya sesuai dengan latar belakang saya sebagai seorang wirausaha,” ujar Fiska saat dihubungi tim uns.ac.id, Rabu (13/10/2021).

Mahasiswi asal Kabupaten Sragen, Jawa Tengah tersebut memang sudah menekuni dunia wirausaha sejak 2017 lalu. Dia memiliki usaha di bidang kuliner yakni memproduksi aneka macam bronis. Kue bronis yang dia beri nama Bronislur itu terbilang cukup sukses bahkan dapat meningkatkan omset di tengah pandemi Covid-19. Usaha tersebut juga mendapat pendanaan dari Program Mahasiswa Wirausaha Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Pengalamannya sebagai wirausahawan membuatnya tergerak untuk membuat poster ini. Sejumlah informasi, tips, dan trik tentang wirausaha Fiska beberkan dalam poster buatannya tersebut. Dalam poster tersebut, Fiska mengajak generasi milenial untuk menjadi wirausaha dengan memanfaatkan media sosial. Dengan adanya poster tersebut, Fiska berharap banyak pemuda yang mengikuti jejaknya sebagai wirausahawan.

“Harapan saya dari poster ini yaitu semakin menambah semangat generasi milenial untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan Republik Indonesia dengan cara menjadi young entrepreneur. Jadi, siapkah kita menjadi generasi milenial yang mengambil bagian untuk mempercepat laju perekonomian Indonesia?” tukasnya.

Kemenangan Perdana

Capaian Fiska kali ini merupakan kemenangan pertamanya di lomba poster. Fiska mengaku telah mengikuti puluhan lomba poster, tapi tidak berhasil mendapatkan predikat. Dengan pantang menyerah dan usaha keras, Fiska akhirnya dapat memenangkan lomba poster kali ini.

“Ini kali pertama saya juara lomba poster tahun ini setelah ada 10 kali gagal. Latar belakang saya memang bukan anak seni, jadi bikin poster hanya iseng-iseng sehingga saya banyak kalahnya pas ikut lomba poster. Alhamdulillah kali pertama di tahun ini juara lomba poster sekaligus dua kategori, juara 2 dan juara favorit,” pungkasnya.

Kendati demikian, Fiska dikenal sebagai mahasiswa dengan segudang prestasi. Beberapa prestasi Fiska di antaranya Juara 1 UMKM Competition Tingkat Nasional yang diselenggarakan Institut Pertanian Bogor (IPB), Juara 2 Inovasi Bisnis UMKM Berbasis Digital Tingkat Nasional yang diselenggarakan Institut Teknologi Kalimantan, Juara 2 Lomba Infografis Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Yogyakarta, Juara 2 Business Plan Competition Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh UNS, Juara 2 Kompetisi Inovasi Digital Tingkat Nasional yang diselenggarakan UNS Fintech Center. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Gandeng CV. Bina Cipta Abadi, FIB UNS Adakan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

UNS --- Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan...

Adakan FGD, Fakultas Teknik UNS Siapkan Pembukaan Kelas Internasional di Dua Prodi

UNS --- Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta siap membuka kelas...

Kajian Dies Natalis ke-25 FMIPA UNS, Habib Novel Alaydrus Sampaikan Ceramah Tentang Keberkahan Hidup

UNS --- Pimpinan Majelis Ilmu dan Dzikir Ar-Raudhoh Habib Novel Alaydrus memberikan ceramah...

RG Indigenous Psychology UNS Bagikan Strategi Hidup Sehat dan Bahagia di Masa Pandemi Melalui SALAM SMART

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM)...

UNS Raih Poin Tertinggi Pencapaian IKU di Tahun 2020/2021

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih penghargaan pencapaian Indikator Kinerja...

Upaya Mengembangkan Potensi Desa, BEM FP UNS Tandatangani Kontrak Kerja Sama dengan Pemerintah Desa Ngunut

UNS --- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Buat Poster tentang Kewirausahaan, Mahasiswa UNS Sabet Dua Gelar Sekaligus di Ajang Aection 3.0

UNS --- Kabar baik datang dari mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Mahasiswa...

Bagikan Tips Obat Pegel Linu, Grup Riset Filologi Sastra Daerah UNS Kunjungi Warga Pajang Surakarta

UNS --- Minuman tradisional Jawa dengan sejuta khasiat sejatinya sudah sering ditemui sejak jaman...

Kuliah Umum UNS Bersama BPK Bahas Globalisasi dalam Sistem Perekonomian Indonesia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Kuliah Umum bertajuk Globalisasi dalam...

Ulas Bahasa dan Penerjemahan di Era Digital, Prodi S-2 Linguistik UNS Menggelar Seminar Internasional SEMIOTICS

UNS --- Program Studi (Prodi) S-2 Linguistik Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelaas Maret (UNS)...